Ini Usia Ideal Anak Mulai Diberikan Belajar Seks, Jangan Lagi Disorot Tabu


Jakarta

Peristiwa Pidana Tindak Kekerasan atau pelecehan seksual harus diakui masih menjadi salah satu pekerjaan Rumah Ke Indonesia. Tindak kejahatan ini bisa menyerang siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Serta Ke rentang umur yang bervariasi, baik dewasa, remaja, Malahan anak-anak.

Spesialis anak dr Meita Dhamayanti, SpA(K) mengatakan betapa pentingnya Memberi Belajar seksual kepada anak. Ke sisi lain, dr Meita ingin semua orang tua tidak menganggap tabu soal Belajar seksual ini.

“Sangat penting ini Belajar seksual (Ke anak). Satu yang saya ingin tekankan Ke orang tua ya, jangan mengatakan tabu. (Belajar seks) tidak tabu, asal kita memberikannya Di cara yang baik,” ujar dr Meita Untuk webinar daring Ikatan Praktisi Medis Anak Indonesia (IDAI), Kamis (20/6/2024).


Melewati Studi, lanjut dr Meita, umumnya anak-anak yang menjadi korban pelecehan seksual itu mereka tidak dibekali Di Belajar seks yang baik. Salah satu penyebabnya adalah orang-orang Ke sekitarnya yang masih menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tabu.

dr Meita mengimbau kepada seluruh orang tua Bagi perlahan mulai mengenalkan soal Belajar seks kepada anak. Cara komunikasi soal hal ini bisa Di ketika orang tua memandikan sang buah hati.

“Kapan kita (orang tua) bisa mengenalkan Belajar seks? Mulai Di kita memandikan anak. Cara paling mudah itu sambil memandikan. Mengenalkan anatomi tubuh tadi, ‘oh ini Pada-Pada tubuh kita terdiri Di apa, Pada ini tidak boleh (dipegang atau diperlihatkan Ke orang lain),” ujar dr Meita.

“Dua tahun pertama itu sudah bisa kita kenalkan, Dari Sebab Itu sedini Mungkin Saja. Kalau Ke dua tahun pertama anak sudah mampu, bisa kita kenalkan. Tapi biasanya Ke atas dua tahun mereka Terbaru bisa tahu mengenai anatomi,” sambungnya.

Di Itu, dr Meita juga Memahami jika Di ini anak-anak tak bisa lepas Di gawainya. Supaya, orang tua bisa mencuri-curi waktu Bagi tetap bisa Memberi Belajar seksual kepada anak Melewati gawai.

“Di gawai, sekarang banyak Inisiatif yang membuat tentang Belajar masalah seksual. Seperti yang kita punya, PrimaKu yang sudah jelas punya IDAI. Carilah Inisiatif digital yang resmi Sebab itu sangat bisa mengedukasi,” tutur dr Meita.

Tetapi, orang tua juga harus tetap dituntut Bagi Memperoleh literasi digital yang baik. Supaya, bisa Memberi pendampingan kepada anak agar tidak ‘tersesat’ Di menggunakan gawainya.

“Ke Di ada Inisiatif, mohon kiranya orang tua juga mengetahui mana yang aman, Inisiatif mana yang aman. Dan Bagi anak-anak, dampingi. Carilah website atau informasi digital yang benar-benar aman,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ini Usia Ideal Anak Mulai Diberikan Belajar Seks, Jangan Lagi Disorot Tabu