Kandungan Kecubung dan Efeknya Menurut Mereka yang Pernah Coba


Jakarta

Tanaman kecubung Mutakhir-Mutakhir ini viral kembali Sebab membuat 47 orang Ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) dirawat Ke Puskesmas Jiwa (RSJ). Justru, 2 Ke antaranya meninggal dunia.

Tanaman ini mengandung senyawa kimia alkaloid. Senyawa ini terdiri Di atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholonergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

Ketua Perkumpulan Ahli Kemakmuran Pengembang Terapi Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menjelaskan kecubung dikenal mampu membuat seseorang berhalusinasi atau ‘memabukkan’ jika dikonsumsi.


“Skopolamin itu merupakan zat halusinogen yang kuat,” ujar Inggrid Tania Di dihubungi detikcom, Jumat (12/7/2024).

Ke Di Itu, kecubung juga mampu merusak sel-sel saraf manusia dan menghilangkan koordinasi motorik mereka. Justru, efek berbahaya Di kecubung juga mampu menghilangkan memori jangka pendek seseorang.

Bagaimana Rasanya Buah Kecubung?

Roby (28), seorang pria Ke Jawa Timur, mengaku pernah mengonsumsi tanaman tersebut. Ia mengatakan, rasa buah yang satu ini sepet dan pahit. Menurutnya, rasa kecubung sama seperti buah jambu yang belum matang.

“Rasanya sepet-sepet pahit. Kayak jambu lah, kan kecubung juga ada biji-bijinya,” kata Roby ketika dihubungi detikcom, Sabtu (13/7/2024).

Bersama Detail, Roby bercerita jika dirinya harus meminum air degan hijau Sebagai membuat kesadarannya kembali total. Ia juga mengatakan ada beberapa Situasi lanjutan yang menyertainya.

“Mulutku seperti pengar gitu, mati rasa (Setelahnya makan),” katanya.

“Dikasih minum degan, agak setengah sadar tapi Ke kepala rasanya pusing. Setelahnya itu muntah-muntah, Mutakhir badan rasanya enak,” tambahnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kandungan Kecubung dan Efeknya Menurut Mereka yang Pernah Coba