Kata Menkes soal Kerja Sama Starlink Elon Musk Sebagai Jaringan Puskesmas


Jakarta

Belum lama ini Elon Musk tampak Melakukan Kunjungan Hingga sejumlah Daerah Ke Indonesia, teranyar tampak didampingi Pembantu Presiden Pembantu Presiden Kesejaganan Budi Gunadi Sadikin Di peluncuran layanan Jaringan Starlink Ke Indonesia Minggu, (18/5/2024).

Pimpinan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Charles Honoris mempertanyakan keputusan pemerintah memakai layanan Jaringan perusahaan milik Elon Musk yakni Starlink. Di Diskusi kerja bersama Komisi IX, Charles meminta Budi menjelaskan bagaimana Konsep kerja sama yang dibuat pemerintah Bersama Elon Musk.

“Kebetulan saya pribadi hanya sempat melihat Pak Menkes ada tanda tangan, foto-fotonya, videonya, Bersama pihak Starlink dan Mas Elon nih kalau sekarang trend-nya Mas Elon. Kesempatan ini bisa disampaikan juga Sebagai menjelaskan kepada kita kepada publik Konsep kerja samanya seperti apa sih? Manfaatnya seperti apa?” kata Charles Di Diskusi kerja bersama Menkes, Ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan (21/5).


“Anggarannya seperti apa dan kalau adapun kekurangannya seperti apa Supaya bisa menjadi bahan evaluasi kita Hingga Di. Ini kan bukan Langkah gratisan tetap ada biaya, uang keluar, Supaya kita semua punya kepentingan atau keingintahuan Sebagai mendalami Langkah kerja sama Bersama Starlink,” tambah dia.

Merespons hal tersebut, Budi menekankan kerja sama yang dijalin pemerintah Bersama Elon Musk tidak lain memperluas cakupan pelayanan Kesejaganan, terutama Ke Daerah terluar dan terpencil. Salah satu pelayanan yang Lalu digunakan Starlink adalah Langkah preventif atau Upaya Mencegah Penyakit Ke puskesmas.

“Starlink ini kita lagi pilot project memang pusatnya kita ambil satu Ke Kota Denpasar sebagai hub-nya tapi satu diambil Ke pulau Nusa Penida Lantaran ini internetnya jelek ya, satu lagi Ke Pulau Aru ini Di 5.000 km lah Bersama situ Ke Maluku Selatan Didekat Papua Lantaran Ke sana sama sekali nggak ada Jaringan,” tutur Budi.

“Starlink ini kita pakai Lantaran banyak Langkah Puskesmas Sebagai preventif sekarang sudah pakai Jaringan contoh orang kalau Ke-imunisasi Ke Lokasi sekarang sudah langsung diisi, masukin ibunya langsung dikirimin WA Ke Di itu Ke-entry dikirim petugasnya sertifikat vaksinnya langsung dikirim itu salah satu contoh yang dicoba,” katanya.

Soal Dana, Menkes menyinggung dana yang digelontorkan pemerintah relatif terjangkau setiap tahun. Malahan, Sebagai pembayarannya, diberikan keringanan Dari Elon Musk agar bisa Melewati angsuran atau cicilan.

“Anggarannya Bersama mana? Kalau Dana bulannya itu Rp 700 ribu dan sudah ada Ke Puskesmas limitnya Rp 1 juta Sebagai Jaringan. Karena Itu ini masuk, tinggal ambil Ke BOK paling dia alatnya Rp 4 juta harusnya ini masih bisa diambil sih,” ucap Budi.

“Kita lagi mikir kalau mau Rp 4 jutanya dicicil 5 tahun deh Starlink juga sudah kasih offer seperti itu. Karena Itu tiap bulannya Bisa Jadi ditambah berapa puluh ribu Karena Itu Rp 700 ribu ditambah Rp 100 ribu lagi gitu kan Karena Itu Rp 800 ribu itu sudah masuk cicilan alatnya, Karena Itu alatnya sudah bisa dicicil,” lanjut dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kata Menkes soal Kerja Sama Starlink Elon Musk Sebagai Jaringan Puskesmas