Bisnis  

Kelola 2 Blok Migas Raksasa, Pengamat: Pertamina Menjawab Keraguan

PT. Pertamina dinilai sukses mengelola dua blok raksasa, yakni Blok Rokan dan Blok Mahakam Sebagai menjawab keraguan. Foto/Dok

JAKARTAPT. Pertamina dinilai sukses mengelola dua blok migas raksasa , yakni Blok Rokan dan Blok Mahakam. Prestasi tersebut, tidak hanya Menunjukkan kemampuan BUMN energi itu Di mendukung ketahanan dan kemandirian energi, tetapi sekaligus menjadi simbol Untuk kebangkitan energi nasional.

“Prestasi yang dicapai Pertamina Ke kedua blok tersebut layak diapresiasi. Peningkatan produksi yang dilakukan Pertamina Lewat blok raksasa itu, sangat mendukung ketahanan energi Di negeri,” kata Pengamat ekonomi dan Usaha Universitas Pasundan Acuviarta Kartabi atau yang akrab disapa Acu.

Acu menambahkan, kemampuan Pertamina Di menjalankan operasi dan Usaha hulu migas Ke Blok Rokan dan Mahakam dapat membawa semangat Mutakhir dan simbol kebangkitan nasional. Terutama, Sebagai mewujudkan ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi nasional. “Tentu bisa menjadi kebangkitan energi nasional, meski tidak mudah mewujudkannya,” lanjut Acu.

Menurut Acu, kinerja positif hulu migas Pertamina tersebut, tentu Memperoleh dampak besar. Tidak hanya Di pencapaian target lifting migas Di APBN, tetapi juga Di indikator makro ekonomi, baik fiskal maupun moneter.

Pencapaian Pertamina itu, jelas Acu, sesuai Bersama roadmap ketika kedua blok ini itu diambil alih Pertamina. Prestasi tersebut, kata dia, sekaligus menjawab pertanyaan sejumlah pihak yang awalnya meragukan Pertamina mampu mengelola kedua blok raksasa itu.

“Itu menjawab keraguan Sebelumnya Di Pertamina. Lantaran Pertamina justru Menunjukkan kemampuannya. Prinsipnya, saya kira itu sesuai Bersama diharapkan,” sambung Acu lagi.

Begitupun, Acu berharap, Pertamina tidak cepat puas Bersama capaian Di ini. Ke Didepan, dia berharap BUMN tersebut terus melakukan Perkembangan dan pembaruan Ilmu Pengetahuan agar upaya pengeboran sumur Mutakhir Ke kedua blok raksasa tersebut, dapat dikombinasikan Bersama produksi sumur-sumur mature yang ada Di ini.

“Langkah-langkah efisiensi produksi juga harus terus ditingkatkan Lantaran Lewat langkah-langkah tersebut tidak saja kinerja produksi yang Meresahkan, tetapi juga kinerja Perbankan Berencana lebih baik,” tutup Acu.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Kelola 2 Blok Migas Raksasa, Pengamat: Pertamina Menjawab Keraguan