Kemenkes Sebut Ada 12 Peristiwa Pidana Lumpuh Layu Akibat Polio Ke RI, Ini Sebarannya


Jakarta

Kementerian Keadaan (Kemenkes) melaporkan ada Di 12 Peristiwa Pidana kelumpuhan anak akibat polio Ke seluruh Indonesia Sebelum 2022 hingga Di ini. Plt Dirjen Upaya Mencegah dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr Yudhi Pramono, MARS menjelaskan bahwa Bersama keseluruhan Peristiwa Pidana tersebut, 11 Ke antaranya disebabkan Patogen polio tipe dua dan satu Peristiwa Pidana akibat Patogen polio tipe satu.

“Sebelum akhir 2022 sampai Di ini telah terjadi beberapa KLB (kejadian luar biasa) polio Ke Indonesia. Status KLB ini masih belum dicabut, Sebab Peristiwa Pidana masih terus dilaporkan,” ucap dr Yudhi Di Peristiwa temu media secara daring, Jumat (19/7/2024).

dr Yudhi menjelaskan Peristiwa Pidana kelumpuhan akibat polio tersebut tersebar Ke 8 provinsi Ke Indonesia. Lokasinya meliputi Aceh, Jawa Barat, Jawa Di, Jawa Timur, Papua Di, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan terbaru Ke Banten Peristiwa Pidana ditemukan Ke 15 Juni 2024.


Berikut ini adalah rincian temuan Peristiwa Pidana kelumpuhan polio:

Aceh: 3 Peristiwa Pidana

Jawa Barat: 1 Peristiwa Pidana

Jawa Di: 1 Peristiwa Pidana

Jawa Timur: 2 Peristiwa Pidana

Papua Di: 1 Peristiwa Pidana

Papua Pegunungan: 1 Peristiwa Pidana

Papua Selatan: 2 Peristiwa Pidana

Banten: 1 Peristiwa Pidana

Berdasarkan hasil surveilans yang dilakukan Bersama Kemenkes, mereka juga menemukan ada Di 32 anak yang positif polio Ke delapan provinsi tersebut, Akan Tetapi Di Kebugaran sehat.

dr Yudhi mengatakan bahwa pihaknya Berencana berkomitmen penuh Di proses eradikasi Penyakit polio Ke Indonesia. Terlebih menurut Organisasi Keadaan Dunia (WHO), Indonesia merupakan salah satu Negeri yang berisiko tinggi penularan polio.

Pihaknya menargetkan Indonesia bisa bebas Bersama Penyakit polio Ke tahun 2026. Hal tersebut juga menjadi target Internasional Untuk proses eradikasi polio secara keseluruhan.

dr Yudhi mengatakan bahwa Di ini pihak Kemenkes Di menjalankan Inisiatif imunisasi polio tambahan hampir Ke seluruh Indonesia. Inisiatif yang masuk Di Pekan Imunisasi Nasional (PIN) itu Berencana dibagi Di dua tahapan Untuk 399 kabupaten/kota Ke 32 provinsi.

PIN tahap pertama sudah dilakukan Ke 27 Mei 2024 Ke provinsi Papua, Papua Di, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Barat daya.

Sedangkan PIN tahap kedua Berencana mulai dilaksanakan mulai Bersama 23 Juli 2024. PIN tahap kedua Berencana dilaksanakan Ke 27 provinsi lainnya seperti Sumatera Barat, DKI Jakarta, Banten, Maluku Utara, dan provinsi lainnya.

“Sasarannya semua anak 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi Sebelumnya Itu,” tandas dr Yudhi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kemenkes Sebut Ada 12 Peristiwa Pidana Lumpuh Layu Akibat Polio Ke RI, Ini Sebarannya