Kenapa Perut Bunyi Terus Padahal Sudah Makan? Ini Alasannya

Jakarta

Pernahkah perutmu bunyi terus padahal sudah makan? Kalau iya, kamu tak sendiri Lantaran banyak orang juga pernah mengalaminya.

Perut yang terus menerus Mengintroduksi bunyi tak jarang membuat seseorang tidak nyaman. Malahan bisa memalukan apabila orang lain mendengarnya.

Bunyi perut biasanya menjadi tanda ketika kamu Lagi lapar. Berencana tetapi, perut yang tetap berbunyi meski telah makan menandakan apa?


Alasan Perut Bunyi Terus Padahal Sudah Makan

Dilansir WebMD, perut terus bunyi walau sudah makan Menunjukkan berlangsungnya proses pencernaan. Bukan perut yang Mengintroduksi bunyi tersebut, melainkan usus.

Itu adalah suara gerak peristaltik, yakni suara kontraksi otot dan pembentukan gas Untuk saluran pencernaan Pada Minuman dan cairan melewati usus. Istilah medis Untuk suara tersebut adalah borborygmi.

“Bayangkan perut seperti mesin cuci,” kata spesialis gastroenterologi Ke The University of Chicago Medical Center, Dr Benjamin H. Levy, MD.

“Minuman dan cairan bercampur bersama Didalam udara yang kita hirup Pada makan. Minuman, cairan, dan udara melewati saluran pencernaan dan suara gemuruh adalah kombinasi Didalam faktor-faktor tersebut,” jelasnya.

Borborygmi sepenuhnya wajar. Merujuk penjelasan Untuk laman Medical News Today, bunyi usus umumnya menjadi tanda pencernaan yang normal dan sehat. Dari Sebab Itu, seseorang tidak dapat menghindarinya sama sekali.

Berencana tetapi, borborygmi bisa mengindikasikan masalah medis tertentu bila disertai Tanda-Tanda lain seperti nyeri, sembelit, atau diare. Situasi Keadaan yang kemungkinan Dari Sebab Itu penyebab suara tersebut, yakni:

  • Alergi Minuman
  • Ileus atau kurangnya Karya usus
  • Penyakit Menyebar saluran pencernaan
  • Penyumbatan usus
  • Sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS).

Di Itu, perut terus bunyi Pada belum atau sesudah makan juga dapat disebabkan Dari Tekanan.

Cara Menghentikan Perut Bunyi Terus

Meski termasuk proses alami pencernaan yang tidak bisa dihindari, tak sedikit orang yang merasa terganggu dan malu Didalam bunyi usus ini. Kamu dapat menghentikan borborygmi Didalam cara berikut:

1. Menghindari Minuman Tertentu

Minuman dan minuman tertentu bisa Memperbaiki gas usus dan borborygmi Di beberapa orang. Kamu perlu coba mengidentifikasi Minuman pemicu gangguan pencernaan dan menghindarinya bila memungkinkan.

Umumnya Minuman yang dapat menaikkan borborygmi, yakni: produk susu mengandung laktosa, kacang-kacangan, sayuran kucifer, minuman berkarbonasi, serta Minuman mengandung fruktosa dan sorbitol.

2. Minum Teh Herbal

Kamu dapat menenangkan saluran pencernaan Untuk menghentikan borborygmi yang terus menerus bunyi. Beberapa bahan alami yang memberi efek menenangkan, seperti jahe, peppermint, dan kayu manis.

Herbal tersebut dapat dijadikan teh Didalam merendamnya Ke Untuk air panas dan mengkonsumsinya Sesudah makan.

Perut bunyi terus padahal sudah makan disebut borborygmi dan itu menandakan berlangsungnya proses pencernaan yang normal. Berencana tetapi, suara borborygmi yang terdengar tak biasa dan disertai Tanda-Tanda lain yang intens bisa Dari Sebab Itu merupakan tanda masalah medis yang serius.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kenapa Perut Bunyi Terus Padahal Sudah Makan? Ini Alasannya