Kerap Tak Disadari, Ini 5 Efek yang Terjadi Ke Tubuh Jika Melewatkan Sarapan

Jakarta

Sarapan adalah menu makan yang kerap Disorot sepele dan dilewatkan. Tak banyak yang sadar, rupanya melewatkan sarapan dapat berefek Ke Keadaan, lho. Kok bisa?

Berikut ini adalah sederet dampak yang terjadi Ke tubuh ketika melewatkan sarapan, dikutip Di Eating Well:

1. Menurunkan Energi

Mengapa sarapan secara teratur sangat disarankan? Otak mengandalkan glukosa Sebagai bekerja secara optimal. Sumber utama glukosa berasal Di karbohidrat yang bisa didapatkan Melewati sarapan.


Jumlah karbohidrat yang tepat ketika sarapan dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat Sebagai Meningkatkan energi, fokus mental, dan kekuatan otak.

“Pada bangun Hingga pagi hari, kadar gula darah Anda Berencana lebih rendah dan jika Anda tetap Di Kebugaran ini Sebagai waktu yang lama, Anda Bisa Jadi Berencana kelelahan atau Merasakan brain fog,” jelas nutrisionis Marcie Vaske MS, LN, CNS.

2. Mengganggu Hormon Tubuh

Kadar gula darah yang rendah Di durasi lama dapat mengganggu kadar hormon. Praktisi Medis Perawatan keluarga Laura Purdy, MD, MBA mengatakan tidak sarapan dapat mengganggu kadar kortisol atau hormon Beban Ke tubuh.

“Kadar kortisol lebih tinggi ketika Anda bangun dan menurun seiring berjalannya hari. Sarapan pagi dapat membantu mengelola tingkat Beban tersebut, Supaya Memberi dorongan mental Sebagai menjalani hari,” kata Laura.

Di jangka panjang, gangguan Kesejaganan hormon dapat berdampak Ke Keadaan reproduksi dan menstruasi.

3. Mengganggu Mood dan Meningkatkan Kecemasan

Perubahan hormon yang terjadi juga sangat berpengaruh Ke suasana hati yang menjadi lebih buruk. Berdasarkan sebuah Eksperimen Hingga tahun 2020 Ke 21.972 responden, sarapan secara teratur dan tidak dikaitkan Didalam rendahnya Kejiwaan, depresi, dan gangguan Beban pasca trauma.

“Jika terus menerus tinggi, kadar kortisol dikaitkan Didalam kecemasan dan depresi. Kabar gembiranya, sarapan adalah kesempatan awal Sebagai menyehatkan otak dan mental Anda,” kata ahli Asupan Minuman Claire Rifkin, MS, RDN.

Kurangnya Gizi yang baik Sebagai otak seperti asam lemak omega-3 dan vitamin B berhubungan Didalam gangguan mood. Sarapan bergizi tidak hanya sekedar ‘bahan bakar’ Sebagai beraktivitas, melainkan juga baik Sebagai Meningkatkan Keadaan mental dan emosional.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kerap Tak Disadari, Ini 5 Efek yang Terjadi Ke Tubuh Jika Melewatkan Sarapan