Kerap Tertekan dan Gelisah Lantaran Masa Lalu Buruk, Harus Gimana Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Halo Dok, mau tanya. Saya dulu waktu kecil punya Penghayatan buruk. Tapi sampai usia 29 tahun ini, masih saja terbayang.

Kadang itu membuat saya tertekan dan gelisah. Apa yang bisa dilakukan Untuk menghilangkannya Dok?


Lina M (wanita, 29 tahun)

Jawaban:

Sebelumnya Itu, perlu dicari tahu dulu beberapa Skor Yang Berhubungan Didalam Kepuasan yang dialami. Misalnya Untuk situasi seperti apa yang membuat rasa tertekan dan gelisah itu muncul, serta pikiran-pikiran yang biasanya muncul.

Pasien bisa menemukan cara sebagai solusinya Didalam Perawatan jangka panjang dan pendek. Untuk jangka panjang, bisa Didalam melakukan psikoterapi.

Sambil Itu Untuk Perawatan jangka pendek, biasanya digunakan Untuk mengatasi perasaan kurang nyaman yang muncul. Caranya seperti:

Mengekspresikan perasaan dan pikiran Lewat menulis jurnal atau menggambar dapat membantu Untuk pemrosesan emosional.

Menenangkan (Bermeditasi, pernapasan, dan Peregangan)

Membantu Memangkas Tekanan dan kegelisahan yang Mungkin Saja muncul ketika memikirkan Penghayatan tersebut, hingga memunculkan rasa Tenteram.

Cari Karya yang menyenangkan

Temukan kegiatan atau Kesenangan yang membuat Anda senang dan terlibat secara aktif Untuk hal-hal yang positif dan membangun.

Pranedia Nilamsari, SPsi, M.Psi

Psikolog

RSIA Pusura Tegalsari – Bunda Morula Surabaya

Tentang Konsultasi Kesejajaran

Pembaca detikcom yang Memperoleh pertanyaan seputar Kesejajaran, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin Lewat form Konsultasi detikHealth, KLIK Ke SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan Didalam keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu Kepuasan Psikologis health kamu? Coba ikutan tes psikologi Ke SINI.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kerap Tertekan dan Gelisah Lantaran Masa Lalu Buruk, Harus Gimana Dok?