Bisnis  

Luhut Minta Jangan Persulit Kapal Pesiar Mewah Di Berlayar Ke Indonesia

Menko Marvest, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, pemerintah Akansegera memberi kemudahan Untuk operasional kapal wisata, yakni cruise dan yacht atau kapal pesiar mewah, Untuk berlayar Ke perairan Indonesia. Foto/Dok

JAKARTA – Pejabat Tingginegara Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Menko Marvest), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, pemerintah Akansegera memberi kemudahan Untuk operasional kapal wisata, yakni cruise dan yacht atau kapal pesiar mewah, Untuk berlayar Ke perairan Indonesia.

Dia menyampaikan, berbagai peraturan ihwal Kegiatan maritim Ke Tanah Air harus diharmonisasi Ditengah kementerian dan lembaga. Langkah ini diperlukan agar peraturan yang ada tidak menyulitkan para pelaku usaha atau merugikan Indonesia.

“Jangan membuat aturan yang mempersulit diri kita sendiri. Semua peraturan harus diharmonisasi Untuk kepentingan nasional,” ujar Luhut, Sabtu (18/5/2024).

Pemerintah pun menjamin kemudahan Untuk Kapal Cruise dan Yacht Untuk beroperasi Ke Indonesia. Di Langkah Tersebut, Kelompok dapat menikmati Pengalaman Hidup Terbaru Di menggunakan kapal wisata tersebut Ke beberapa kota, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, hingga Labuan Bajo.

Di kemudahan tersebut, PT Pelindo (Persero) bakal Memikat operator Kapal Cruise dan Yacht Untuk menjadikan Pelabuhan Benoa Ke Denpasar, Bali, sebagai home port.

Di ini, Pembaruan Pelabuhan Benoa menjadi Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) diharapkan menjadi home port Untuk principal cruise, tempat Ke mana penumpang mengawali dan mengakhiri perjalanan pesiarnya Di mengelilingi sejumlah destinasi.

“Pembaruan BMTH yang secara parsial ditargetkan rampung Ke akhir 2024 ini dapat menambah kapasitas kapal pesiar Di dua menjadi empat hingga lima kapal pesiar sandar bersamaan,” ungkap Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Pelabuhan Benoa sudah dapat melayani kapal pesiar jumbo Untuk sandar (destination port) dan layanan embarkasi dan debarkasi penumpang (turn around). Kapal pesiar sandar Ke dermaga timur Di panjang mencapai 500 meter Sesudah Sebelumnya Itu ditambah 160 meter.

Artinya, dua kapal pesiar ukuran jumbo Di panjang Di 294 meter sudah bisa sandar Di waktu yang bersamaan. Untuk pertama kalinya, Pelabuhan Benoa juga disandari kapal pesiar terpanjang yang pernah sandar Di LoA mencapai 317 meter yakni Celebrity Solstice yang membawa Di 4.000 orang penumpang dan awak kapal Ke 30 Oktober 2023.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Luhut Minta Jangan Persulit Kapal Pesiar Mewah Di Berlayar Ke Indonesia