Lutut Terasa Nyeri Sesudah Latihan Berlarilah? Rehat Dulu, Ini Saran Praktisi Medis


Jakarta

Berlari kerap menjadi pilihan utama Kelompok Sebagai Latihan. Selain mudah Sebagai dilakukan, berlari juga bisa dibilang menjadi salah satu Latihan paling ‘murah’

Salah satu masalah yang tak jarang ditemui Sesudah atau ketika berlari adalah rasa nyeri Ke lutut. Situasi ini umumnya dialami Di pelari pemula yang jarang atau mau mulai Latihan.

Spesialis orthopedi Siloam Hospital Dr dr John CP Butarbutar, SpOT mengatakan bahwa Luka lutut yang dialami ketika berlari tidak mesti diakibatkan Di Cara yang salah. Menurutnya faktor utama Di munculnya Luka lutut adalah intensitas berlari yang terlalu tinggi.


Baik itu Di segi jarak yang ditempuh, maupun Kecepatanakses Berlarilah yang dilakukan.

“Biasanya tuh Sebab terlalu berlebihan atau terlalu cepat apalagi kalau memang misalnya orangnya itu yang Berlarilah pemula. Di Sebab Itu Di dua Situasi itu atau kilonya (jarak) terlalu banyak juga buat dia,” kata dr John ketika berbincang Di detikcom, Rabu (19/6/2024).

Menurut dr John, ada baiknya pelari memperhatikan intensitas Pelatihan yang Berencana dilakukan, khususnya Di pelari pemula. Ia berkata bahwa metode Pelatihan secara gradual lebih dianjurkan.

Metode ini dilakukan Di cara menyesuaikan intensitas Pelatihan Di kemampuan seseorang. Hal ini Berencana memudahkan pelari pemula Sebagai Menyesuaikan dan Meningkatkan intensitas secara perlahan.

dr John menyarankan Kelompok bisa menggunakan Inisiatif khusus Sebagai mengukur denyut jantung. Langkah ini penting Sebagai menakar seberapa besar intensitas Latihan yang sudah dilakukan.

“Di Sebab Itu sekarang itu enaknya zaman canggih setiap kita Latihan itu biasanya ada anjuran Sebagai istirahat. Di situ dulu yang basic,” katanya.

“Kalau kita dianjurkan istirahat tiga hari, berarti hari itu (olahraganya) too much. Kalau (istirahat) dianjurkan kurang Di 24 jam berarti hari itu cukup ringan,” tandas dr John.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Lutut Terasa Nyeri Sesudah Latihan Berlarilah? Rehat Dulu, Ini Saran Praktisi Medis