Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang Sering Diucap Pada Hari Raya Waisak

Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta Akansegera dibahas Untuk artikel ini. Mengingat kalimat tersebut sering digunakan Untuk berbagai ucapan perayaan Hari Waisak. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta Akansegera dibahas Untuk artikel ini. Mengingat kalimat tersebut sering digunakan Untuk berbagai ucapan perayaan Hari Waisak.

Umat Buddha merayakan hari Waisak sekali setiap tahun Ke purnama Hingga bulan Waisak. Tahun ini hari raya Waisak jatuh Ke 23 Mei 2014. Dilansir Untuk laman resmi Kemenag, kata Waisak berasal Untuk dua bahasa yaitu Vaisakha (Sansekerta) dan Vesakha (Pali) yang berarti nama bulan Untuk kalender Buddhis.

Setiap hari Waisak umat Buddha selalu melakukan kegiatan bersih vihara, ziarah Hingga makam leluhur, dan bersih makam pahlawan. Ke Pada hari Waisak, umat Buddha melaksanakan puja Ke detik-detik bulan purnama. Kegiatan lomba atau pentas Karyaseni juga kerap diadakan Untuk menyongsong hari raya ini.

Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Ketika hari raya Waisak Akansegera sering muncul kalimat Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, baik Hingga media sosial maupun spanduk yang berada Hingga jalanan. Lantas, sebenarnya apa arti Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta?

Menurut laman Ancient Buddhist Texts, Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta bermakna semoga semua makhluk Sejahtera dan aman, semoga semua makhluk Hingga Untuk hati mereka Sejahtera. Atau bisa juga diartikan semoga setiap makhluk hidup berbahagia.

Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang lebih Untuk berarti setiap orang tidak hanya mendoakan Untuk diri sendiri, Akan Tetapi juga keluarga dan orang lain Supaya semuanya bisa berbahagia Hingga hari Waisak.

Biasanya kalimat Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta digunakan Dari umat Buddha ketika hendak mengakhiri rangkaian doa.

Lantaran Budha merupakan sebuah ajaran hidup, kalimat Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta tentu dapat diterapkan Untuk kehidupan sehari-hari. Supaya setiap individu dapat peduli satu sama lain dan tidak mementingkan diri sendiri.

Bukan Hanya Itu, kalimat tersebut juga mengajarkan seseorang Untuk tidak berbuat hal-hal yang merugikan Untuk orang lain, dan sebisa Bisa Jadi melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Itulah makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang merupakan salah satu kalimat sekaligus pedoman Untuk umat Buddha.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang Sering Diucap Pada Hari Raya Waisak