Masa Bertahan ASI Perah Ke Freezer VS Chiller Kulkas, Moms Perlu Tahu


Jakarta

Memberi air susu ibu (ASI) eksklusif Ke bayi yang Mutakhir lahir merupakan hal yang penting Sebagai Memperbaiki tumbuh kembang anak. Memastikan kebutuhan ASI yang cukup Sebagai bayi menjadi salah satu hal yang krusial.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah Di menyimpan stok ASI perah (ASIP) Ke Di kulkas. Bagaimana sih cara yang tepat dan berapa lama ASI bisa bertahan lama Ke Di kulkas?

Ketua Satgas ASI Ikatan Praktisi Medis Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Naomi Esthernita F Dewanto, SpA(K) mengatakan ketahanan ASI sangat tergantung Di bagaimana cara Komunitas menyimpannya. Ia berkata umumnya ASI bisa disimpan Ke bank ASI, Tetapi Lantaran Ke Indonesia belum tersedia, maka penyimpanan bisa dilakukan Ke Di freezer kulkas Tempattinggal.


Penyimpanan ASIP Ke freezer kulkas Tempattinggal biasanya dapat dilakukan Pada enam bulan. Tetapi, ia mengingatkan Di beberapa Kebugaran Standar kulkas setiap Tempattinggal bisa berbeda dan memengaruhi Standar ASI.

“Kalau Ke freezer bisa sampai enam bulan, tetapi harus diingat bahwa kita kan Ke Indonesia belum ada bank ASI, Dari Sebab Itu kita sehari-hari harus mengedukasi ibu-ibu Di Kebugaran kulkas rumahan ya,” kata dr Naomi Di Siaran Sehat Kementerian Kesejaganan dikutip detikcom, Rabu (5/6/2024).

“Kebetulan ada Studi Di anggota Satgas ASI Mutakhir-Mutakhir ini bahwa Ke kulkas rumahan nih komponen Di ASI ternyata kalau Sesudah dua minggu, Walaupun Ke freezer, itu proteinnya turun dan beberapa zat aktif turun,” sambungnya.

Maka Itu, dr Naomi sangat menyarankan para ibu Sebagai tidak menyimpan stok ASIP terlalu lama Ke Di freezer. Sebelumnya sampai dua minggu Ke Di freezer, stok ASI sebaiknya sudah diberikan Ke anak.

Lantas bagaimana Di penyimpanan Ke kulkas Pada chiller bawah? dr Naomi mengatakan bahwa penyimpanan ASI Ke Pada chiller hanya bisa bertahan Pada tiga hari.

“Kalau Ke kulkas yang Ke bawahnya itu tiga hari oke. Nah, kalau Ke luar kulkas idealnya bisa sampai enam jam tapi Di cuaca panas yang seperti Ke sini ya kita tiga jam saja. Kita juga harus hati-hati,” ucap dr Naomi.

“Dari Sebab Itu memang kalau Sebagai kulkas perumahan Ke freezer yang disarankan ya jangan juga sampai sampai ber kulkas-kulkas sayang juga ASI-nya gitu,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Masa Bertahan ASI Perah Ke Freezer VS Chiller Kulkas, Moms Perlu Tahu