Metode RIRS Sebagai Perawatan Batu Ginjal, Minim Invasif-Pasien Cepat Pulih


Jakarta

Di ini terdapat beragam metode Perawatan yang bisa dijalani Dari orang yang Merasakan batu ginjal. Salah satunya adalah Retrograde Intrarenal Surgery, atau yang dikenal juga Bersama sebutan RIRS.

Lantas, apa sih metode RIRS tersebut? Spesialis urologi Untuk Siloam Hospitals ASRI, Prof Dr dr Nur Rasyid, SpU-K, menjelaskan RIRS merupakan suatu prosedur penanganan minimal invasif yang dapat dilakukan Sebagai mengatasi batu ginjal. Terutama, batu ginjal yang keras, berukuran hingga 3 cm, dan terletak Di lokasi yang sulit dijangkau.

“Pilihan terapi Sebagai batu ginjal sekarang sudah ada yang Terbaru, Di mana pasien sekarang tidak perlu dilukai,” ujarnya Untuk konferensi pers Di Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).


“Kelebihannya (RIRS) adalah seberapa keras batu itu, Di mana letak batu itu, kita bisa mencapai tempatnya dan kita bisa memecahkan Agar batu itu menjadi pecahan yang kecil. Justru jika pasien batunya tidak terlalu keras, kita bisa pecahkan halus Agar langsung keluar Di itu,” sambungnya.

Prof Nur Rasyid menjelaskan prosedur RIRS dilakukan Bersama menggunakan alat uteroskop (teropong) fleksibel yang dimasukkan Melewati salurah kemih Sebagai mendeteksi lokasi batu. Setelahnya lokasi batu terdeteksi, batu dipecahkan menggunakan laser.

Pecahan batu dikeluarkan langsung Melewati saluran kemih bersama urine, atau dikeluarkan langsung menggunakan basket/keranjang kecil. Metode ini juga memungkinkan pasien batu ginjal memperoleh Penyembuhan yang lebih cepat dan Mengurangi risiko komplikasi.

“Kita menggunakan alat Untuk luar tubuh langsung masuk Di Untuk ginjal Melewati saluran tubuh kita sendiri tanpa luka dan bisa memecahkan menjadi halus, Agar pasien hanya dirawat satu atau dua malam saja, bisa bekerja kembali, dan menurunkan risiko Penyakit Menyebar,” tuturnya.

Selain tidak meninggalkan bekas sayatan, metode RIRS juga efektif Sebagai menghancurkan batu ginjal Bersama Tindak Kekerasan tinggi, atau yang tidak berhasil Setelahnya dilakukan Extra-corporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

“Adanya Flexible URS single use, menjadi pilihan terapi yang cepat berkembang Lantaran dapat mengatasi masalah Ke batu saluran yang sangat keras sekalipun. Dan Begitu Juga perkembangan alat bantu dan laser pemecah batu Lebihterus Memperbaiki Prestasi penanganan batu Ke ginjal dan menurunkan risiko komplikasi,” terang Prof Nur Rasyid.

Prof Nur Rasyid menambahkan Melewati RIRS, Ahli Kebugaran dapat memperoleh sampel batu ginjal Sebagai pemeriksaan.

“Bersama alat ini dapat pula diperoleh contoh batu Sebagai pemeriksaan analisa batu, agar dapat mengetahui jenis batu dan menentukan Perawatan Sebagai Pra-Penanganan kekambuhan batu saluran kemih,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Metode RIRS Sebagai Perawatan Batu Ginjal, Minim Invasif-Pasien Cepat Pulih