Mitos! Tangan Sering Dingin dan Basah Bukan Ciri Gangguan Jantung


Jakarta

Ada banyak pemahaman yang tidak tepat Di Kelompok tentang Gangguan jantung. Salah satunya mengaitkan Kebugaran tersebut Bersama ciri-ciri telapak tangan sering terasa dingin dan mudah basah Bersama keringat.

Konsultan kardiologi intervensi Di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Vireza Pratama, SpJP, Subsp.IKKv(K), FIHA, FAsCC, FSCAI, memastikan pemahaman tersebut salah. Ciri-ciri Gangguan jantung tidak bisa dilihat Di Kebugaran telapak tangan.

“Tidak ada keterkaitan ilmiah bahwa telapak tangan sering basah atau sering dingin itu pasti ada hubungannya Bersama Gangguan jantung. Tidak ada bukti ilmiah,” tegasnya.


“Sebagai Gantinya, Di pasien Bersama Gangguan jantung, hal itu bisa saja terjadi. Tangannya basah, tangannya dingin, dan sebagainya, sebagai dampak Di Gangguan jantungnya.” jelas dr Vireza.

Telapak tangan terasa dingin dan sering basah Bersama keringat, menurut dr Vireza tidak spesifik Sebab bisa dipicu Bersama berbagai Kebugaran lain yang belum tentu Yang Berhubungan Bersama masalah jantung. Pasien Bersama riwayat diabetes ataupun gangguan tiroid, disebutnya bisa juga Merasakan Kebugaran tersebut.

Di Di Yang Sama, tanda-tanda yang lebih umum ditemukan Di serangan jantung adalah nyeri yang sangat berat Di dada kiri. Menurut dr Vireza, sensasi rasa nyeri tersebut bisa dirasakan menjalar tembus hingga Di punggung dan berlangsung hingga lebih Di 20 menit, kadang-kadang disertai keringat dingin.

“Ini sangat tipikal Untuk serangan jantung,” kata dr Vireza.

Jika Merasakan Kebugaran tersebut, maka sangat disarankan Untuk sesegera Mungkin Saja mencari pertolongan medis.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mitos! Tangan Sering Dingin dan Basah Bukan Ciri Gangguan Jantung