Bisnis  

Pangkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul Ke Organisasiregional

Infrastruktur mutu Indonesia menduduki Pangkat nomor 27 dunia dan yang paling unggul Ke Organisasiregional. FOTO/Ilustrasi

JAKARTA – Eksperimen Internasional Quality Infrastructure Index (GQII) 2023 yang Terbaru dirilis Mei 2024 Menunjukkan, infrastruktur mutu Indonesia menduduki Pangkat nomor 27 Ke dunia. Pangkat tersebut menempatkan Indonesia Didalam infrastruktur mutu nasional paling unggul Ke Organisasiregional.

“Hasil Eksperimen yang dirilis GQII Langkah tersebut tentu saja membanggakan. Akan Tetapi demikian, masih diperlukan upaya yang lebih besar Sebagai Meningkatkan efektifitas peran dan fungsi infrastruktur mutu nasional Sebagai mewujudkan daya saing produk Indonesia Ke pasar Internasional,” ujar Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) Donny Purnomo Di keterangan resminya, Minggu (7/7/2024).

Secara terinci, Pangkat pilar infrastruktur mutu Indonesia berdasarkan Kajian GQII 2023, Sebagai bidang metrologi berada Ke posisi 38. Lanjutnya, Ke bidang standardisasi Indonesia berada Ke posisi 37, dan Ke bidang akreditasi Ke Pangkat 10 Di 185 Negeri Ke dunia.

Menurut Donny, jika dibandingkan Didalam Negeri-Negeri G20, infrastruktur mutu Indonesia berada Ke posisi Hingga-17, selaras Didalam Pangkat PDB Indonesia yang juga berada Ke posisi Hingga-17. Sambil Itu, 3 Negeri Didalam Pangkat infrastruktur mutu nasional tertinggi Ke dunia adalah Jerman Ke Pangkat 1 yang mewakili Uni Eropa (UE), China Ke Pangkat 2, dan Amerika Serikat (AS) Ke Pangkat Hingga-3.

Donny mengatakan, hal itu juga selaras Didalam PDB ketiga Negeri tersebut yang juga terbesar Ke dunia, yaitu AS Ke Pangkat 1, China Ke Pangkat 2, dan UE Ke Pangkat 3. “Keselarasan Pangkat ini Menunjukkan bahwa tingkat kemajuan infrastruktur mutu nasional Memperoleh korelasi langsung Didalam PDB satu Negeri,” jelasnya.

(fjo)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pangkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul Ke Organisasiregional