Bisnis  

Pascainsiden Penembakan Trump, Gimana Reaksi Pasar Kripto?

Reaksi pasar kripto pascainsiden penembakan Kandidat Kepala Negara AS Donald Trump. FOTO/iStock

JAKARTADonald Trump menjadi korban penembakan Pada Sosialisasi Politik Di Pennsylvania. Peristiwa ini tidak hanya mendominasi berita utama Di seluruh dunia tetapi juga menyebabkan volatilitas Di pasar kripto Di akhir pekan.

Penembakan ini terjadi Di 13 July 2024. Di masa kepresidenannya yang pertama, Trump dikenal sebagai kritikus vokal Di Bitcoin dan industri kripto secara keseluruhan. Tidak mengherankan, penembakan ini Berpeluang berdampak Di pasar kripto.

Di lain sisi, beberapa tokoh seperti CEO Kendaraan Listrik Tesla Elon Musk dan Founder Tron Justin Sun justru secara resmi mendukung Donald Trump Di pencalonannya kembali sebagai Kepala Negara AS. Dukungan ini datang pasca upaya Merenggut Nyawa Di Trump tersebut.

Dukungan Di keduanya Di Donald Trump menambah warna Terbaru Di dinamika pasar kripto, dan menjadi harapan Untuk Keputusan yang lebih ramah Di kripto jika Trump terpilih kembali. Terlihat Di harga Bitcoin yang Sebelumnya berada Di harga USD58,300 menjadi USD63,015.

Sebelumnya, hasil keputusan CPI Amerika juga cukup Memberi dampak Di pasar kripto. Fluktuasi Harga Di AS Di bulan Juni, yang diukur Di perubahan CPI, menurun menjadi 3% year-on-year (YoY) sesuai data Di U.S. Bureau of Labor Statistics. Angka ini mengejutkan pasar Sebab lebih rendah Di ekspektasi mereka sebesar 3,1%. Turunnya angka ini juga merupakan penurunan Di 3,3% yang tercatat Di bulan Mei, Menunjukkan penurunan sebesar 0,1% Di bulan Sebelumnya.

“Data CPI merupakan salah satu indikator ekonomi yang sangat diperhatikan Di para pelaku pasar, termasuk investor kripto. Perubahan tingkat Fluktuasi Harga yang diukur Melewati CPI dapat mempengaruhi Keputusan moneter Federal Reserve, yang Di akhirnya berdampak Di pergerakan harga aset kripto. Koreksi yang terjadi Di pasar kripto Pada data CPI dirilis merupakan reaksi yang wajar mengingat ketidakpastian yang ada,” ujar CEO Indodax, Oscar Darmawan Memberi pandangannya mengenai situasi ini Di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Sambil Yang Terkait Di Kemakmuran pasar kripto pasca insiden penembakan Di Kandidat Kepala Negara Amerika Serikat, Donald Trump.

“Kami perlu memahami bahwa pasar kripto sering kali bereaksi Di berita-berita besar yang Berpeluang Memiliki dampak Di stabilitas Politik Global dan ekonomi Dunia,” ujar Oscar.

“Di Pada ini, saya melihat bahwa insiden tersebut Berpeluang menciptakan ketidakpastian yang cukup tinggi Di pasar keuangan, termasuk pasar kripto. Reaksi pasar dapat bersifat volatil Di jangka pendek Sebab para investor cenderung mencari Keselamatan Di situasi yang tidak menentu,” tambah Oscar.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pascainsiden Penembakan Trump, Gimana Reaksi Pasar Kripto?