Pemerintah Singapura Legalkan Konsumsi 16 Serangga Ini, Jangkrik hingga Ulat

Badan Ketahanan Pangan Singapura (SFA) menyetujui 16 serangga boleh dikonsumsi, termasuk jangkrik, belalang, dan ulat sutera. Foto Ilustrasi/iStock

SINGAPURA – Badan Ketahanan Pangan Singapura (SFA) menyetujui 16 serangga boleh dikonsumsi, termasuk jangkrik, belalang, dan ulat sutera.

Menurut laporan SFA, pihaknya Akansegera segera Memberi izin Perdagangan Masuk Negeri serangga dan produk serangga Didalam spesies yang dinilai Memiliki tingkat kekhawatiran peraturan yang rendah. Aturan ini tertuang Untuk surat edaran yang ditujukan kepada pedagang Konsumsi olahan dan pakan ternak.

Serangga yang legal dikonsumsi ini dapat dijadikan Konsumsi Sebagai manusia ataupun sebagai pakan ternak hewan penghasil Ketahanan Pangan.

Singapura terkenal sebagai Negeri yang sangat ketat Untuk aturan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan Dari masyarakatnya. Maka itu, aturan soal serangga yang aman dikonsumsi ini masuk Untuk pembahasan regulasi pemerintah.

“SFA pertama kali melakukan konsultasi publik mengenai regulasi serangga dan produk serangga Ke akhir 2022,” ungkap laporan CNA, dikutip Selasa (9/7/2024).

Meski diizinkan Sebagai dikonsumsi, aturannya tetap sangat ketat. Misalnya, serangga yang boleh dimakan harus yang sesuai daftar SFA, produsen produk serangga tidak boleh memasukkan bahan kontaminan, dan pengolahan serangga serta produk serangga harus steril dan benar.

Lalu, serangga yang layak dikonsumsi harus dipastikan dibudidayakan Ke tempat yang diatur Didalam kontrol Keselamatan Ketahanan Pangan yang benar, serangga tidak dipanen Didalam alam liar, dan produk akhirnya harus aman dikonsumsi.

“Serangga Ke luar 16 spesies yang disetujui, harus menjalani evaluasi Sebagai memastikan aman dikonsumsi,” tegas SFA.

Berikut 16 serangga yang boleh dikonsumsi Ke Singapura.

1. House cricket

2. Banded cricket

3. Common cricket

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pemerintah Singapura Legalkan Konsumsi 16 Serangga Ini, Jangkrik hingga Ulat