Penis Bocah Putus usai Disunat Kepala Puskesmas, Praktisi Medis Ungkap Dampaknya Ke Korban


Jakarta

Kelamin seorang bocah Ke Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, terputus Sesudah disunat Dari seorang kepala Puskesmas berinisial Z. Kejadian yang menimpa bocah berinisial MH (10) terjadi Ke Pada liburan sekolah, Selasa (12/12/2023).

Dikutip Untuk detikSumbagsel, korban Sesudah Itu disunat Dari Z menggunakan laser. Akansegera tetapi, Pada sunat berlangsung, Z melakukan Kesalahan Individu hingga membuat bocah itu kehilangan alat vitalnya alias penis terpotong.

Pada Akansegera dijahit, alat kelamin korban sudah tak tersisa. Sesudah Itu sempat dilakukan upaya penyambungan Ke Puskesdes tersebut, Tetapi gagal. Korban Sesudah Itu dirujuk Ke RS Ke Palembang Untuk penanganan Lebih Jelas.


Sesudah menjalani operasi, korban dirawat 11 hari hingga dinyatakan boleh pulang Ke Tempattinggal. Korban pun rutin melakukan rawat jalan atau kontrol Ke RS Ke Palembang. Hingga Pada ini sudah 5 kali.

Spesialis urologi dr Hilman Hadiansyah, SpU, menjelaskan penanganan penis yang terpotong Pada sunat membutuhkan tindakan penyambungan atau disebut re-anastomosis.

Menurutnya, tingkat Prestasi tindakan penyambungan umumnya sangat kecil Sebab dipengaruhi Dari luas area yang terpotong, kedalaman area terpotong, struktur pembuluh darah dan saraf yang teridentifikasi, lama durasi pasca terpotong, maupun tingkat kontaminasi jaringan amputatum penis.

“Tingkat Prestasi penyambungan (re-anastomosis) pasca amputatum penis Didalam Didalam laser (cauter) lebih kecil Sebab resiko terjadi kerusakan jaringan akibat termal injury dibanding potong tajam,” katanya Pada dihubungi detikcom, Jumat (14/6/2024).

dr Hilman mengatakan orang yang Merasakan penis terpotong bisa Merasakan sejumlah dampak Ke kesehatannya. Ke antaranya nekrosis kulit, hipoestesia kulit, penyempitan saluran kemih, disfungsi ereksi, dan kebocoran saluran kemih.

Meski begitu, dr Hilman menyebut dampak fisik juga tergantung Ke derajat amputatum penis yang dialami.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Penis Bocah Putus usai Disunat Kepala Puskesmas, Praktisi Medis Ungkap Dampaknya Ke Korban