Peran BPA Di Kehidupan Sehari-hari, Yakin Cuma Ada Hingga Kemasan Air Minum?


Jakarta

Belakangan, senyawa kimia Bisphenol A atau BPA kerap dikaitkan Didalam kemasan galon air minum. Faktanya, pemanfaatan senyawa ini Di kehidupan sehari-hari jauh lebih luas lagi.

Pakar polimer Di Institut Keahlian Bandung (ITB), Akhmad Zainal Abidin, menjelaskan, BPA paling umum digunakan sebagai bahan Sebagai membuat polimer atau plastik jenis polikarbonat (PC) dan epoxy resin Di kaleng. Pemanfaatannya beragam, mulai Di kemasan Konsumsi dan minuman hingga perekat Di industri pesawat terbang.

“Sangat krusial, sangat penting perannya Di kehidupan kita,” kata Zainal, Di perbincangan Didalam detikcom Mutakhir-Mutakhir ini.


Dikutip Di Mayo Clinic, BPA sebagai bahan Sebagai membuat plastik polikarbonat dan resin epoxy sudah digunakan Dari 1950-an. Selain sebagai perekat, epoxy juga digunakan sebagai lining atau pelapis Di kemasan kaleng Konsumsi atau minuman.

Apakah BPA aman Untuk manusia? Menurut Zainal, perpindahan senyawa BPA Di kemasan plastik polikarbonat Hingga bahan Konsumsi atau minuman dimungkinkan ketika ada residu akibat reaksi yang tidak sempurna. Sedangkan BPA yang bereaksi sempurna menjadi plastik, seharusnya tidak bermigrasi.

Hingga Di Itu, bahaya atau tidaknya suatu senyawa menurut Zainal ditentukan juga Didalam kadarnya. Di Pada Yang Sama, Badan Pengawas Terapi dan Konsumsi (BPOM) Di Peraturan BPOM No 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Kelaparan Global menetapkan batas Perpindahan Penduduk maksimal BPA adalah sebesar 0,6 Pada perjuta (bpj).

“Kalau kita orang kimia, semua Produk itu bisa bermanfaat tergantung Di bagaimana dosis dan cara pakainya,” kata Zainal.

Yang Berhubungan Didalam kekhawatiran bahwa BPA bisa memicu kanker, Ahli Kebugaran onkologi Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP Di wawancara Didalam detikcom menyebut belum ada bukti kuat yang mendukung anggapan tersebut. Kabar yang simpang siur disebutnya justru bisa membuat Kelompok takut minum air putih.

“Saya harap tidak perlu khawatir, Sebab BPA yang ada Hingga air kemasan itu buktinya masih sangat lemah Sebagai bisa menyebabkan kanker. Karena Itu, Kelompok belum perlu khawatir atau tidak perlu khawatir Pada ini,” katanya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Peran BPA Di Kehidupan Sehari-hari, Yakin Cuma Ada Hingga Kemasan Air Minum?