Pertama Kalinya! RI Produksi Insulin Lokal Halal, Bisa Pakai BPJS


Jakarta

Indonesia akhirnya mampu memproduksi insulin Bagi diabetes pertama berbahan lokal. Walhasil, bisa diakses Bersama harga 30 sampai 50 persen lebih murah ketimbang produksi Perdagangan Masuk Negeri.

PT Kalbe Farma menyebut insulin ‘Ezelin’ juga sudah mengantongi cara pembuatan Terapi yang baik (CPOB) Di Badan Pengawas Terapi dan Konsumsi (BPOM RI). Hasil uji klinis diklaim mendekati 100 persen.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk Mulia Lie memastikan insulin produksi lokal mereka juga masuk Di formularium nasional (fornas), Supaya memungkinkan Bagi ditanggung jaminan Kesejaganan nasional (JKN) BPJS Kesejaganan.


“Ini pertama Hingga Indonesia yang produksi Bersama tingkat kandungan Di negeri sebanyak hampir 50 persen,” bebernya Di konferensi pers Sabtu (24/8/2024).

“Kami sudah memasukkannya Hingga Di formulasi nasional, Supaya bisa digunakan Bersama BPJS,” lanjut Mulia.

Sertifikasi Halal

Pertimbangan lain Di produksi insulin lokal juga berkaitan Bersama sertifikasi halal. Mengingat, mayoritas warga Bangsa Indonesia beragama muslim.

“Supaya produk itu bisa memenuhi kebutuhan Di pasien Gangguan diabetes dan juga aman digunakan Sebab halal,” kata Mulia.

Adapun uji klinis Sebelumnya dilakukan Hingga Indonesia Bersama sejumlah farmakolog lokal, termasuk keterlibatan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

“Indonesia Memiliki banyak anak bangsa yang pintar dan berkualitas. Yang dibutuhkan sekarang adalah mental Bagi memproduksi sendiri atau tetap bergantung Ke Perdagangan Masuk Negeri,” tandas Mulia.

Berdasarkan data survei Kesejaganan indonesia (SKI) 2023 prevalensi Tindak Kejahatan diabetes berada Hingga 11,7 persen. Analisis Lebih Jelas Kementerian Kesejaganan RI Hingga kelompok usia lebih Di 15 tahun Menunjukkan proporsi Tindak Kejahatan diabetes paling banyak ditemukan Hingga DKI Jakarta yakni sebanyak 3,9 persen. Sambil Itu Bagi rata-rata nasional berada Hingga 2,2 persen.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pertama Kalinya! RI Produksi Insulin Lokal Halal, Bisa Pakai BPJS