Perut Terasa Begah? 7 Hal Ini Bisa Di Sebab Itu Penyebabnya

Jakarta

Apa itu perut begah? Menurut Healthline, perut begah adalah istilah Untuk menggambarkan Situasi perut yang beragam, seperti kembung, penuh, sesak, dan kenyang terlalu cepat. Perasaan perut begah tentu membuat tidak nyaman.

Mengutip Medical News Today, perut begah ini umumnya terjadi Lantaran makan Untuk jumlah yang sangat banyak atau makan terlalu cepat. Mengonsumsi Minuman tinggi serat dan minuman berkarbonasi juga bisa menimbulkan gas Hingga saluran pencernaan, Supaya perut terasa penuh.

Meski umumnya tidak berbahaya, perut begah yang dialami terus-menerus perlu diwaspadai. Sebab, perut begah bisa Di Sebab Itu merupakan Tanda-Tanda Penyakit-Penyakit lain.


Apakah detikers telah mengubah kebiasaan makan dan masih Merasakan perut begah? Ini bisa disebabkan Di beberapa hal berikut.

Penyebab Perut Begah

Perut begah bisa disebabkan Di Penyakit jangka pendek maupun jangka panjang. Cara mengobati perut begah pun berbeda-beda, tergantung penyebabnya.

Perut begah bisa disebabkan Di hal-hal berikut.

1. Sembelit

Sembelit bisa menjadi penyebab perut begah. Mengutip National Health Service UK, sembelit adalah Situasi sulit buang air besar atau buang air besar lebih jarang Untuk biasanya.

Sembelit disebabkan Di beberapa hal, seperti:

  • Kurang mengkonsumsi Minuman berserat
  • Kurang minum air
  • Kurang beraktivitas fisik
  • Sering menahan rasa ingin buang air besar
  • Efek Di Perawatan-obatan
  • Tekanan.

Sembelit juga cukup umum terjadi Ke wanita hamil dan Terbaru melahirkan. Untuk mengatasi sembelit, ubah pola makan dan jangan menahan rasa ingin buang air besar.

2. Intoleransi Minuman

Intoleransi Minuman adalah Situasi ketika tubuh kesulitan mengonsumsi bahan-bahan Minuman tertentu. Meski tidak berbahaya, mengonsumsi Minuman yang tidak bertoleransi Di tubuh bisa menyebabkan perut begah, diare, dan buang angin.

Intoleransi Minuman berbeda Di alergi Minuman, yang menyebabkan rasa gatal Ke kulit dan pembengkakan Ke wajah.

Jenis intoleransi Minuman yang cukup umum adalah intoleransi laktosa yang terdapat Hingga berbagai produk susu, seperti keju dan yoghurt. Jika perut terasa begah Sesudah mengonsumsi produk tersebut, bisa Di Sebab Itu detikers Memiliki intoleransi laktosa.

Ada juga jenis intoleransi Minuman lainnya, seperti intoleransi Di gluten, kafein, alkohol, sampai MSG. Untuk mengetahui intoleransi secara pasti, sebaiknya periksakan diri Hingga Ahli Kebugaran.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebut juga dyspepsia. Beberapa gejalanya Di lain perut begah, sering bersendawa dan buang angin, serta sakit maag Sesudah makan. Gangguan pencernaan bisa diobati sendiri Hingga Rumah Di cara-cara sebagai berikut.

  • Kurangi konsumsi teh, Minuman, soda, dan alkohol
  • Jangan makan 3-4 jam Sebelumnya tidur
  • Hindari Minuman berlemak dan pedas
  • Jangan merokok
  • Jangan mengonsumsi ibuprofen atau aspirin kecuali jika diberi resep Ahli Kebugaran.

4. Menstruasi

Perut begah merupakan salah satu Tanda-Tanda umum yang muncul Sebelumnya menstruasi alias PMS (premenstrual syndrome). Tanda-Tanda ini biasanya Akansegera mereda beberapa hari Sesudah hari pertama Ke siklus menstruasi.

5. Functional Gastrointestinal Disorder

Functional Gastrointestinal Disorder atau FGID bisa ditemui Ke anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. FGID tidak disebabkan Di Infeksi maupun Penyakit, melainkan fungsi tubuh yang tidak lazim.

FGID bisa menimbulkan Tanda-Tanda yang beragam, Di lain perut begah, sembelit, diare, sering bersendawa, mual, dan muntah-muntah. FGID bisa disebabkan Di merokok dan rasa Tekanan. Hingga Di Itu, Situasi ini juga bisa disebabkan Di riwayat keluarga.

Perawatan FGID berbeda Untuk satu pasien Hingga pasien lainnya. Sebaiknya berkonsultasilah Hingga Ahli Kebugaran Untuk Memperoleh diagnosis dan Perawatan yang tepat.

6. Asam Lambung

Penyakit asam lambung dikenal juga Di sebutan gastroesophageal reflux disease (GERD). Tanda-Tanda asam lambung Di lain:

  • Rasa panas terbakar Hingga dada
  • Rasa asam atau pahit Hingga mulut
  • Minuman atau minuman Hingga perut naik kembali Hingga kerongkongan
  • Perut terasa penuh
  • Rasa mengganjal Hingga kerongkongan (globus sensation).

Asam lambung disebabkan Di otot kerongkongan Pada bawah (otot LES) yang melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran Hingga kerongkongan Sesudah Minuman turun Hingga lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan Akansegera tetap terbuka dan asam lambung Akansegera naik kembali Hingga kerongkongan.

Otot LES bisa tidak bekerja Di baik jika terlalu sering makan Untuk jumlah banyak atau sering berbaring segera Sesudah makan. Kebiasaan merokok dan menggunakan aspirin dan ibuprofen juga bisa menyebabkan asam lambung naik.

Terakhir, Situasi Kesejaganan seperti obesitas, kehamilan, dan asma bisa memperparah Tanda-Tanda asam lambung.

Perawatan asam lambung sebaiknya dikonsultasikan Di Ahli Kebugaran. Berikut beberapa kebiasaan dan Cara Hidup yang bisa dilakukan Untuk Mengurangi Tanda-Tanda asam lambung.

  • Menjaga berat badan
  • Tidak merokok
  • Tidak makan terlalu banyak Ke malam hari
  • Tunggu 2-3 jam Sesudah makan, Terbaru bisa berbaring.

7. Irritable Bowel Syndrome

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah istilah Untuk menyebut sekelompok Tanda-Tanda yang timbul bersamaan, Di lain kram, sakit perut, perut kembung, sembelit, dan diare.

IBS bisa disebabkan Di sistem Kekebalan yang terlalu sensitif. Pernah Merasakan keracunan Minuman juga bisa menyebabkan Situasi ini. Pemicu Tanda-Tanda IBS Di lain Tekanan, rasa cemas, dan Minuman tertentu yang berbeda-beda Untuk setiap orang.

Tanda-Tanda IBS bisa diredakan Di Perawatan Untuk Ahli Kebugaran. Hingga Di Itu, Tanda-Tanda-Tanda-Tanda IBS juga bisa diredakan Di mengubah pola makan dan Cara Hidup, seperti:

  • Rutin beraktivitas fisik
  • Mengurangi minuman berkafein
  • Mengurangi Tekanan Di cara terapi atau bermeditasi
  • Mengonsumsi Nutrisi Tambahan serat dan probiotik
  • Tidak merokok.

Perut terasa begah bisa merupakan Tanda-Tanda Penyakit jangka pendek maupun jangka panjang. Umumnya perut begah tidak berbahaya, tetapi jika Merasakan perut begah Untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya berkonsultasilah Di Ahli Kebugaran.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Perut Terasa Begah? 7 Hal Ini Bisa Di Sebab Itu Penyebabnya