Bisnis  

Pesawat Belum Bisa Mendarat Hingga Bandara VVIP IKN, Gimana Nasib Upacara 17 Agustus?

Bandara VVIP IKN belum bisa digunakan Bagi mendarat pesawat Sebab konstruksi hingga Di ini belum rampung. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan bandara VVIP IKN belum bisa digunakan Bagi mendarat pesawat. Di ini bandara tersebut juga masih Di tahap konstruksi.

Tetapi, pihaknya optimistis bandara VVIP IKN bisa digunakan secara fungsional Di 17 Agustus 2024 mendatang. Endra mengatakan bandara tersebut kemungkinan belum siap Bagi dilandasi pesawat jenis Boeing, atau pesawat-pesawat berbadan besar. Supaya, kemungkinan jika terdapat pesawat Boeing Akansegera dialihkan Hingga Bandara terdekat IKN, yaitu Hingga Balikpapan.

“Bisa (fungsional bandara), bergantung ukurannya (pesawat). Ada yang gede, ada yang kecil. Kalau yang mau pakai Boeing, yang besar ya tidak bisa (dilandasi),” ujar Endra Hingga Kantor Kementerian PUPR, Jumat (12/7/2024).

Bandara IKN Di ini Ditengah dibangun Bersama Memperoleh luas area 347 hektar Bersama dilengkapi ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m2 dan targetmya dapat menampung 3 pesawat terbang.

Desain Bandara IKN Memperoleh panjang runway 3.000 x 45 meter yang dibangun Bersama Kementerian PUPR Lewat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga. Akansegera tetapi, Di Di fungsional runway yang Terbaru bisa digunakan sepanjang 2.200 meter.

Dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter Di total luas 102.150 m2, dan taxiway sepanjang 290 meter Bersama Biaya Rp4,3 triliun. “Kalau pesawat yang sekarang yang dipakai beliau (Ri) (Airbus) bisa. Kalau yang badan besar itu, misalkan Di UAE, itu kan pesawatnya gede-gede ya, Amerika, tidak bisa,” tutup Endra.

Baca Juga: Proyek IKN Sudah Menelan Uang Negeri Rp83,42 Triliun, Buat Apa Saja?

Bandara IKN berada Hingga Kecamatan Penajam atau berjarak Di 23 km Di Titik Nol IKN atau Di 18 menit Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Dukungan konektivitas juga telah dikerjakan Kementerian PUPR Bersama menyelesaikan jalan relokasi sepanjang 4 km.

Progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai Bersama awal Juni lalu telah mencakup beberapa aspek, Hingga antaranya pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal Hingga Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja Hingga Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing Hingga Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat Hingga Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi Tempattinggal dinas.

(nng)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Pesawat Belum Bisa Mendarat Hingga Bandara VVIP IKN, Gimana Nasib Upacara 17 Agustus?