Bisnis  

PLN EPI-Pemprov DKI Jakarta Olah Sampah Karena Itu Bahan Bakar Jumputan Padat

Kolaborasi PLN EPI-Pemprov DKI ini tak hanya mengurai persoalan sampah kota, tapi juga Mendorong ekonomi sirkular Hingga Jakarta. FOTO/Ist

JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) bekerja sama Didalam Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengolah sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) sebagai subtitusi batu bara Hingga PLTU. Kolaborasi ini tak hanya membantu mengurai persoalan sampah kota, Akan Tetapi juga memproduksi biomassa yang dapat mereduksi emisi Hingga pembangkit listrik.

Kerja sama yang ditandai Didalam penandatanganan MoU Di Juni 2023 ini telah memasuki tahap pelaksanaan kajian dan studi kelayakan Yang Terkait Didalam inputan sampah yang ada Hingga TPS 3R Pesanggrahan menjadi BBJP dan Lanjutnya Akansegera dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama. Melewati kerja sama ini, sampah yang masuk Hingga TPS Pesanggarahan yang sebagian besar merupakan sampah organik perumahan Akansegera direduksi menjadi bahan bernilai ekonomis.

“Sebagai entitas yang bertugas menjamin rantai pasok bahan baku Untuk pembangkit listrik, PLN EPI terus melakukan berbagai Perkembangan Untuk mendukung pemerintah Untuk reduksi emisi karbon serta Memperbaiki ekonomi sirkuler,” ujar Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara Hingga Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Iwan menjelaskan, Ilmu Pengetahuan co-firing merupakan terobosan mutakhir yang tidak hanya mampu Memangkas persoalan sampah kota, tetapi juga berkontribusi Untuk menekan emisi Hingga pembangkit listrik Melewati penggantian penggunaan batu bara Didalam biomassa. “Untuk proses penerapannya nanti Di mulai commissioning, Akansegera dilaksanakan uji coba Hingga PLTU terdekat, yaitu PLTU Lontar Hingga Tangerang. Nanti sebagian juga Akansegera dikoordinasikan kembali. Artinya produk selain BBJP ini bisa Hingga offtake Dari industri semen yang ada Hingga Di Jakarta,” paparnya.

Vice President Produksi dan Rantai Pasok Biomassa PLN EPI Erfan Julianto menambahkan, pelaksanaan uji coba dan commisioning rencananya dilaksanakan Di akhir Desember 2024, atau Januari 2025. “Di ini kita memang melakukan proses tender pengadaan ada tahapan administrasi, evaluasi teknis kita estimasikan Untuk signing contract Untuk Kandidat pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan Hingga awal September ini, Lanjutnya fabrikasi dan kegiatan konstruksi kurang lebih 3 bulan,” jelasnya.

Untuk sisi pembangkit, kata Erfan, pengelolaan limbah Didalam baik bisa menjadi sumber keuntungan. Untuk Kontek Sini, jelas dia, PLN EPI memanfaatkan sampah menjadi biomassa Didalam Konsep ekonomi sirkuler. Sebagian besar limbah Pertanian, perkebunan, dan limbah industri perkayuan dapat menjadi bahan bakar. “Karenanya, limbah bisa bernilai ekonomis dan menjadi tambahan pendapatan Untuk Komunitas yang mampu mengelola dan memanfaatkannya Didalam baik,” tandasnya.

Erfan menambahkan, PLN EPI membuka kesempatan kerja sama seluas-luasnya Untuk pemerintah kabupaten/kota Hingga seluruh Indonesia Untuk membangun ekonomi sirkuler. “Baik itu Melewati penanaman biomassa Hingga lahan kritis, pengelolaan limbah perkebunan, Pertanian dan perkayuan, maupun BBJB sampah perkotaan Untuk co-firing pembangkit,” ujarnya.

Yang Terkait Didalam Didalam itu, Fahmi Untuk Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bidang PSLB3 mengatakan, kolaborasi seperti yang dilakukan Didalam PLN EPI ini sangat dibutuhkan. “Pemerintah, badan usaha swasta, maupun Komunitas perlu berkolaborasi Untuk mengelola sampah Untuk hulu sampai hilir. Karenanya, pengelolaan sampah dapat berjalan Didalam baik,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: PLN EPI-Pemprov DKI Jakarta Olah Sampah Karena Itu Bahan Bakar Jumputan Padat