Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Di Suhu Ruang


Jakarta

Emosi ‘tersulut’ Pada Merasakan susu UHT yang dibelinya tak dingin, seorang ibu mendadak viral lantaran Aksi Keluhan Masyarakat marahnya Hingga petugas minimarket terekam dan ramai tersebar Di media sosial. Pasalnya, ibu yang tak diketahui namanya tersebut meminta uangnya dikembalikan Lantaran susu yang diterima tidak disimpan Di lemari pendingin.

Belum diketahui pasti alasan dirinya tidak mau Merasakan susu UHT Di Kepuasan dingin, tetapi bisa dipastikan Di Kepuasan tersegel dan tidak terbuka, susu UHT aman dikonsumsi meski tersimpan Di suhu ruang.

Terlepas Di Peristiwa Pidana tersebut, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI Ketahanan Pangan Indonesia menegaskan susu yang diolah dan dikemas Didalam label susu UHT, sudah disterilkan. Di prosesnya, bakteri dimatikan Didalam Metode pemanasan suhu tinggi.


“Itu Di waktu singkat yaitu Di suhu 135-145 derajat celcius Pada 2-4 detik. Susu UHT aman disimpan Di suhu ruang sampai batas kedaluwarsa tercantum Di label,” tuturnya Pada dihubungi detikcom Rabu (10/7/2024).

“Lantaran itu bacalah label Sebelumnya membeli produk susu UHT, biasanya aman disimpan disuruh ruang sampai 6-12 bulan,” pesan dia.

Didalam catatan, disimpan Di suhu ruang yang jauh Di terik matahari dan tidak ada cacat kemasan. Lain halnya bila kemasan telah dibuka, konsumen wajib menutup kembali susu UHT dan disimpan Di lemari pendingin.

“Segera habiskan Sebelumnya 7 hari,” terangnya.

Karenanya, bila Untuk konsumsi pribadi, Guru Besar Institut Agrikultur Bogor (IPB) tersebut lebih menyarankan Untuk membeli ukuran kecil, alih-alih bentuk satu liter.

“Yang habis 1-2 kali minum. Bila Untuk kebutuhan bersama atau keluarga belilah yang ukuran besar misal 1 liter, Agar Di beberapa hari Setelahnya kemasan dibuka, susu sudah dihabiskan,” kata dia,

Adapun keharusan meminum susu Di Kepuasan dingin dan tidak, menurutnya tergantung Di persepsi dan kesukaan masing-masing orang.

“Bila suka yang tidak dingin maka gunakan susu UHT Didalam ukuran kemasan sekali minum. Bila sebaiknya, yaitu suka yg dingin, maka belilah susu UHT yang dingin, atau beli yang tidak dingin dan simpanlah Di kulkas,” sambung dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Profesor Gizi IPB Ungkap Alasan Susu UHT Aman Disimpan Di Suhu Ruang