Bisnis  

RI Kurangi Ketergantungan Nilai Mata Uang Asing, Menko Airlangga Punya Jurusnya

Pembantu Pemimpin Negara Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, cara agar Indonesia bisa Mengurangi ketergantungan Di Nilai Mata Uang Asing. Foto/Dok

JAKARTA – Pembantu Pemimpin Negara Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, cara agar Indonesia bisa Mengurangi ketergantungan Di Nilai Mata Uang Asing . Salah satunya Didalam Mengeluarkan Digital Economic Framework Agreement.

“Nah ini yang kita targetkan Didalam Digital Economic Framework, kita punya interoperability, data security, dan juga national single window yang interconnecting Didalam Negeri lain, free flow of goods, dorongan Bagi Usaha Kecil Menengah, local currency transaction, dan settlement Supaya Bagi 5 Negeri Organisasiregional bisa menggunakan QR Code Idr. Karena Itu ketergantungan Di Nilai Mata Uang Asing bisa dikurangi,” tutur Menko Airlangga Di Peristiwa Perayaan Hari Karena Itu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ke-58 Ke kantornya, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Menurut Airlangga hal ini menjadi penting mengingat Pada ini, Indonesia masih melakukan perdagangan jual beli Didalam beberapa Negeri, Tetapi ada Nilai Mata Uang lain yang menyempil Ke Ditengah-Ditengah. “Dan itu tentu sangat mempengaruhi harga, sangat mempengaruhi nilai, dan sangat berpengaruh Di nilai ekonomi kita,” tegasnya.

Airlangga menambahkan, Indonesia juga telah menadatangan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). IPEF merupakan economic framework yang inklusif Bagi mewujudkan Indo-Pasifik yang terbuka, bebas, aman dan berketahanan.

“The first agreement Didalam bloc Di tanda petik Didalam Amerika. Kita juga berhasil membuat perjanjian RCEP yang termasuk China dan Indo-Pacific. Karena Itu kita punya 2 perjanjian Indo-Pacific, 1 RCEP Didalam China, dan 1 IPEF Didalam Amerika,” tutur Airlangga.

“Karena Itu ini Menunjukkan posisi Indonesia yang non-alliance, non-bloc. Bekerja Didalam semua pihak Bagi kepentingan Komunitas Indonesia,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: RI Kurangi Ketergantungan Nilai Mata Uang Asing, Menko Airlangga Punya Jurusnya