RK Berbagi Ilmu Leadership dan Entrepreneurship Ke Mahasiswa Indonesia Di Singapura

Ridwan Kamil berbagi Pengalaman Hidup kepada mahasiswa Indonesia yang tergabung Di Perhimpunan Pelajar Indonesia Di Singapura (PPIS). Foto/istimewa

JAKARTA – Di lawatan Ke Singapura, Ridwan Kamil (RK) tidak hanya mengisi kuliah umum Di National University of Singapore (NUS). Tetapi juga berbagi Pengalaman Hidup Bersama mahasiswa Indonesia yang tergabung Di Perhimpunan Pelajar Indonesia Di Singapura (PPIS).

Mantan gubernur Jawa Barat itu diminta menjadi salah seorang narasumber Di talkshow bertajuk ’Navigate the Future: A Talk on Leadership, Entrepreneurship, and Experience. Selain RK, Di talkshow yang berlangsung Di Selasa, 22 Mei 2024 itu turut hadir Atase Keuangan KBRI Singapura Heru Hardjanto AP.

RK mengungkapkan, anak-anak muda yang Ditengah menjalani studi Di Singapura merupakan aset. Mereka adalah masa Didepan Bagi Indonesia. Lantaran itu, dia mengaku senang Merasakan kesempatan Sebagai berbagi Pengalaman Hidup Bersama mereka. ”Apalagi topiknya soal leadership dan entrepreneurship. Sangat penting Sebagai generasi penerus yang nantinya Akansegera menjadi pemimpin masa Didepan,” ungkap dia.

Kepada para pelajar dan mahasiswa asal Indonesia Di Singapura, pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu membagikan pengalamannya Pada memimpin Kota Bandung dan Jawa Barat. Prestasi memimpin Lokasi Pada sepuluh tahun, kata dia, dibarengi Bersama kolaborasi serta Pemberian Bersama anak-anak muda.

”Jawa Barat bisa tumbuh dan berkembang, salah satunya Lantaran kami terbuka Sebagai berkolaborasi Bersama pemerintah Lokasi lain. Baik Di Di maupun luar negeri,” jelasnya.

Di Di Itu, kolaborasi juga dilakukan Bersama pengusaha lokal dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Usaha Mikro Kecil). Sebab, peran Usaha Mikro Kecil sangat penting. Selain kental Bersama nuansa lokal kedaerahan, Kang Emil menyampaikan Usaha Mikro Kecil adalah tulang punggung yang menggerakan roda perekonomian.

”Maka anak-anak muda harus berani menjadi pengusaha. Jangan takut gagal. Sebagai Alternatif harus optimistis dan Self-Esteem,” pesan pria berdarah Sunda tersebut.

Kang Emil pun menjadikan dirinya sebagai sampel. Sesudah tidak lagi bertugas sebagai kepala Lokasi, dia Menyusun Usaha Food and Beverages (FnB) bernama Jabarano Coffee. Bersama Bandung, Usaha itu berkembang. Malahan sudah bersiap Sebagai membuka outlet Mutakhir Di Copenhagen, Denmark. Lebih Bersama itu, misi besar Jabarano Coffee adalah memasarkan Minuman Kafein asal Jawa Barat Ke berbagai belahan dunia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: RK Berbagi Ilmu Leadership dan Entrepreneurship Ke Mahasiswa Indonesia Di Singapura