Sebelumnya Aktivitasfisik Pagi, Sebaiknya Sarapan Dulu atau Tidak? Ini Kata Ahli

Jakarta

Pagi hari dipilih sebagai waktu terbaik Untuk Aktivitasfisik Untuk banyak orang. Akan Tetapi tak sedikit yang masih bingung Yang Terkait Di perlu sarapan terlebih dulu atau tidak Sebelumnya Aktivitasfisik pagi.

Sebagian orang Bisa Jadi membiasakan sarapan lebih dulu ketika hendak Aktivitasfisik agar menambah energi. Sambil Itu lainnya terbiasa Aktivitasfisik Di Kebugaran perut kosong atau belum sarapan.

Akansegera tetapi, manakah yang lebih baik, apakah Aktivitasfisik pagi harus sarapan terlebih dulu atau tidak?


Sebelumnya Aktivitasfisik Pagi, Apakah Perlu Sarapan Dulu atau Tidak?

Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Foot and Ankle, dr Dimas Radithya Boedijono, SpOT(K), memaparkan makan atau tidaknya Sebelumnya Latihan pagi harus disesuaikan Di jenis Aktivitasfisik yang Akansegera dilakukan.

Apabila hendak Latihan yang berat seperti Berlari atau Naik Sepeda Di durasi lama, mesti ada asupan yang masuk terlebih dulu Ke tubuh alias perlu sarapan.

“Kalau kita Mengharapkan Aktivitasfisik, misalnya Berlari maraton atau Berlari yang berat, Bisa Jadi kadang pagi-pagi harus ada asupan dulu Untuk Memperbaiki cadangan energi,” jelas dr Dimas Di talkshow keluarga sehat Ke Instagram Kementerian Kesejajaran RI, dikutip Di catatan detikcom.

Sebagai Alternatif, jika hendak Aktivitasfisik yang relatif ringan seperti Berlari singkat, berjalan Pada 1 jam, atau HIIT maka belum sarapan juga tidak apa-apa.

“Tapi, kalau kita Aktivitasfisik yang relatif ringan, seperti HIIT atau Berlari 30 menit itu tidak terlalu perlu sarapan,” tambahnya.

Dilansir Healthline, sarapan atau tidaknya Sebelumnya Aktivitasfisik juga tergantung tujuan Aktivitasfisik dan Kebugaran Kesejajaran. Jika Aktivitasfisik Di maksud Untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot, maka bisa sarapan sedikit atau makan camilan ringan terlebih dulu agar olahraganya optimal.

Begitu juga Di orang yang Memperoleh Kebugaran medis tertentu. Contohnya, orang Di masalah gula darah seperti diabetes perlu memperoleh asupan Konsumsi Bergizi terlebih dulu Sebelumnya Aktivitasfisik.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Sarapan Sebelumnya Aktivitasfisik?

Untuk sarapan Sebelumnya Aktivitasfisik pagi, dr Dimas menyarankan Untuk makan satu jam Sebelumnya Latihan.

“Ya Bisa Jadi pagi-pagi 1 jam Sebelumnya melakukan Karya, kita bisa ngopi dulu sambil makan roti atau sarapan ringan Untuk menaikkan gula darahnya dulu,” ujarnya.

Bisa sarapan ringan yang mudah dicerna serta mengandung karbohidrat dan protein Untuk Merasakan energi tambahan. Menu sarapan yang dapat dimakan, seperti smoothie buah, oatmeal, telur, susu, atau roti.

Sebelumnya, Pada, dan Setelahnya Aktivitasfisik juga perlu tetap terhidrasi Di minum air putih, minuman Aktivitasfisik, atau jus.

Lantas, Apakah Aman Latihan Sebelumnya Sarapan?

Seseorang bisa Latihan Di aman walau tidak sarapan. Ini Lantaran tubuh masih menyimpan energi cadangan.

“Kita masih punya banyak cadangan (energi), banyak glikogen Ke otot dan lemak yang ada Ke seluruh tubuh. Itu bisa kita pakai Untuk Menyediakan energi,” tutur dr Dimas.

Meski begitu, bukan berarti Aktivitasfisik tanpa sarapan adalah ideal. Cadangan energi berharga Akansegera digunakan Pada Latihan Di perut kosong. Kadar gula darah yang rendah juga dapat membuat kamu merasa pusing, mual, dan gemetar.

Lantaran itu, sebagian orang Bisa Jadi tidak terbiasa Di Aktivitasfisik tanpa sarapan. Dan memilih Untuk makan ringan Sebelumnya.

Balik lagi, sarapan itu perlu kalau kamu Akansegera melakukan Aktivitasfisik berat dan Di durasi lama. Apabila hanya Latihan yang relatif ringan maka boleh tidak sarapan terlebih dulu Sebelumnya Aktivitasfisik pagi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sebelumnya Aktivitasfisik Pagi, Sebaiknya Sarapan Dulu atau Tidak? Ini Kata Ahli