Bisnis  

Sejarah Berdirinya BRICS, Blok Ekonomi Penantang Dominasi Barat

BRICS digadang-gadang menjadi penantang dominasi Barat, berikut cerita sejarah berdirinya BRICS yang kini lebih luas Di sekedar akronim Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Foto/Dok

JAKARTA – Berdasarkan keyakinan bahwa empat Negeri ini Berencana mendominasi ekonomi Dunia , menjadi cikal bakal berdirinya BRICS . Tanpa Afrika Selatan, BRIC Di awalnya merupakan akronim Di Brasil, Rusia, India dan China yang pertama kali dicetuskan Dari Goldman Sachs Di tahun 2001.

Empat Negeri pertama yang disebutkan adalah pendiri Di kelompok ini, sedangkan Afrika Selatan Terbaru bergabung Di tahun 2010. Goldman Sachs Economic Research Group Di 2001 Meramalkan besaran ekonomi Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan Berencana Menimbulkan Kekhawatiran.

Hal itu kini benar-benar terjadi dan Berpotensi Untuk merombak secara signifikan tatanan dunia. Di Afrika Selatan bergabung Di 2010, barulah nama kelompok itu ditambahi Bersama huruf ”S” (singkatan Di South Africa/Afrika Selatan) menjadi BRICS.

Ambisi Untuk membangun kerja sama ekonomi yang lebih besar Di Negeri-Negeri non-Barat Di kerangka kerja berbasis BRICS sudah ada Dari awal tahun 2000-an. Istilah “BRICS” diciptakan Dari ekonom Goldman Sachs Jim O’Neill Di makalah tahun 2001 berjudul “Membangun BRICs Ekonomi Dunia yang Lebih Baik”.

Di makalahnya, O’Neill berargumentasi bahwa perluasan lintasan Kemajuan perekonomian Negeri-Negeri BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) Berencana membuat Negeri-Negeri tersebut tumbuh sebagai Pada yang mendominasi Di perekonomian Dunia, Agar Memperbaiki dampak pasar Dunia Di Kemajuan ekonomi BRIC.

Ketika Negeri-Negeri BRIC tumbuh Di signifikansi politik dan ekonomi, O’Neill Di 2001 menyarankan, forum multilateral harus bertujuan Untuk melakukan reorganisasi guna Merespons Lebih pentingnya perekonomian BRIC.

Apa yang diamati Dari O’Neill dan rekan-rekannya adalah kalibrasi ulang kekuatan ekonomi Dunia yang signifikan Sebab Negeri-Negeri non-Barat, terutama China, telah memperluas jejak ekonomi mereka secara signifikan Dari akhir Konflik Bersenjata Dunia Kedua.

Tapi jauh Sebelumnya 2001, para Pejabat Tingginegara luar negeri Di empat Negeri anggota BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) bertemu Di New York City Di bulan September 2006 Di sela-sela Debat Umum Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menjadi awal Di serangkaian pertemuan tingkat tinggi.

Berikutnya diadakan pertemuan diplomatik secara resmi bertempat Di Yekaterinburg, Rusia Di tanggal 16 Juni 2009 yang Karena Itu cikal bakal BRIC Sebab menjadi KTT pertama kelompok tersebut. Setahun berselang, Afrika Selatan resmi bergabung dan menandai perubahan nama kelompok ini menjadi ‘BRICS’.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Sejarah Berdirinya BRICS, Blok Ekonomi Penantang Dominasi Barat