Separah Ini Efek Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Rusuk Sampai Patah


Jakarta

Vokalis legendaris Celine Dion buka-bukaan mengenai kondisinya yang mengidap Penyakit sindrom orang kaku atau stiff person syndrome. Di sebuah wawancara terbaru, pelantun ‘My Heart Will Go On’ itu mengatakan penyakitnya membuat tulang rusuknya sampai patah.

Dia juga Menginformasikan efek Penyakit itu Ke tenggorokannya, yang membuatnya sulit bernyanyi. Ketika kambuh, kejang otot akibat stiff person syndrome kata Celine, seperti ada yang mencekik.

Gejalanya, katanya, dimulai Di kejang Ke pita suaranya. Awalnya, dia tidak khawatir. Kini kondisinya sudah menyebar Hingga Dibagian lain tubuhnya. Penyakit ini telah mempengaruhi perutnya, tulang rusuknya, tulang belakangnya, tangan dan kakinya.


“Terkadang, jika kondisinya sangat parah, beberapa tulang rusuk juga bisa patah,” kata Celine kepada NBC News.

Vokalis tersebut pertama kali menceritakan bahwa dia didiagnosis mengidap sindrom orang kaku Ke Desember 2022. Celine Dion telah berbagi beberapa kabar terbaru kepada Pendukung tentang kesehatannya Di satu setengah tahun terakhir.

Ke bulan Februari, Celine Dion naik panggung Hingga Grammy Awards 2024 Sebagai mempersembahkan Apresiasi terakhir dan paling bergengsi malam itu, album terbaik tahun ini. Dia mengejutkan penonton ketika dia muncul dan diantar Hingga mikrofon Sebagai Memberi pidato yang mengharukan tentang kekuatan Alunan.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke menjelaskan sindrom orang kaku adalah kelainan neurologis progresif Di ciri-ciri Penyakit autoimun. Hal ini menyebabkan kekakuan otot Ke batang tubuh dan anggota badan, serta peningkatan kepekaan Di kebisingan, sentuhan, dan tekanan emosional, yang dapat memicu kejang otot yang menyakitkan.

Situasi ini dapat berdampak buruk Ke Mutu hidup. Orang Di sindrom orang kaku Bisa Jadi Menyaksikan postur membungkuk dan kesulitan berjalan atau bergerak.

Mereka Bisa Jadi juga lebih sering terjatuh Lantaran kurangnya refleks otot Sebagai menahan diri, Agar dapat menyebabkan Kerusakan. Ke Celine Dion, efek ini juga mempengaruhi otot Hingga lehernya.

“Seperti ada yang mencekik. Seperti ada yang Mendorong laring atau faring,” beber Celine.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Separah Ini Efek Stiff Person Syndrome yang Dialami Celine Dion, Rusuk Sampai Patah