Sering Pusing Seperti Kepala Berputar Disertai Mual, Mungkinkah Vertigo Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Saya belakangan ini sering merasa pusing seperti berputar dan mual, Dok. Setelahnya minum Terapi, saya masih suka merasa pusing dan penglihatan agak bergetar.

Tapi, Setelahnya itu mereda. Apakah Situasi ini termasuk vertigo dan apakah Situasi ini berbahaya Dok?


Dini (wanita, 30 tahun)

Jawaban:

Vertigo merupakan Tanda-Tanda yang digambarkan sebagai sensasi seseorang atau lingkungan Ke Di pengidapnya berputar atau bergerak, yang dapat terjadi secara mendadak. Perlu dipahami bahwa vertigo bukan merupakan sebuah diagnosis Penyakit, melainkan Tanda-Tanda Di suatu permasalahan yang mendasarinya.

Situasi vertigo Secara Keseluruhan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Vertigo perifer

Jenis vertigo ini disebabkan Dari adanya masalah Ke telinga Pada Di, contoh vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV) yang sering dijumpai. Gejalanya berupa pusing berputar yang hebat, singkat, hilang-timbul, seringkali disertai Bersama rasa mual, muntah, berkeringat dingin.

Terkadang juga diikuti Bersama Tanda-Tanda telinga yang berdenging atau menurunnya fungsi pendengaran, serta dipicu Dari perubahan posisi kepala yang mendadak.

2. Vertigo sentral

Situasi ini disebabkan Dari adanya gangguan Ke fungsi otak, contohnya Ke Peristiwa Pidana stroke, Penyakit Menyebar, dan tumor otak. Tanda-Tanda yang dirasakan pengidapnya adalah pusing yang lebih ringan, terjadi secara terus-menerus, tidak diperberat Bersama perubahan posisi kepala.

Samping Itu, sering disertai Tanda-Tanda lain seperti pandangan buram atau ganda, bicara pelo, kesemutan Ke wajah, kelemahan salah satu sisi tubuh, atau perubahan gaya berjalan.

Keluhan pusing berulang yang dialami sebaiknya dikonsultasikan Bersama Praktisi Medis spesialis neurologi Sebagai Memperoleh pemeriksaan Lebih Jelas. Praktisi Medis Berencana melakukan anamnesis atau wawancara medis secara lebih rinci dan melakukan pemeriksaan fisik jika diperlukan.

Samping Itu, Berencana dilakukan pencitraan otak Bersama CT Scan kepala atau MRI kepala Sebagai mengetahui penyebab pasti yang mendasari munculnya keluhan vertigo.

Setelahnya melakukan diagnosis, Praktisi Medis Berencana melakukan tatalaksana yang cepat dan tepat agar keluhan ini tidak kembali berulang.

dr Andre SpN

Praktisi Medis Spesialis Neurologi

RS Pondok Indah – Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesejajaran

Pembaca detikcom yang Memiliki pertanyaan seputar Kesejajaran, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin Lewat form Konsultasi detikHealth, KLIK Ke SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan Bersama keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu Situasi mental health kamu? Coba ikutan tes psikologi Ke SINI.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sering Pusing Seperti Kepala Berputar Disertai Mual, Mungkinkah Vertigo Dok?