Serpihan Ulekan Batu Bukan Pemicu Batu Ginjal, Begini Penjelasan Praktisi Medis Urologi


Jakarta

Ramai unggahan video Hingga media sosial yang menyebut serpihan pasir yang muncul Lantaran memakai ulekan dan cobekan Didalam batu bisa memicu batu ginjal. Pakar menegaskan hal tersebut salah kaprah dan tidak tepat.

“Nggak lah, Lantaran yang diserap tubuh itu hanya zat-zat biologis,” kata spesialis urologi Didalam Siloam Hospital Asri Prof dr Nur Rasyid, SpU Untuk temu media Hingga Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Dia menegaskan pemicu terbentuknya batu ginjal yang paling umum adalah kurangnya asupan air putih. Hingga Samping Itu masalah metabolisme Di seseorang juga bisa menjadi penyebab batu ginjal.


Didalam Detail, dr Nur Rasyid mengatakan Penyakit batu ginjal biasanya tidak menyebabkan Tanda sampai batu tersebut berpindah Hingga Untuk ginjal atau masuk Hingga saluran ureter.

Jika batu ginjal tersangkut Hingga saluran ureter, hal tersebut dapat menghambat aliran urine, menyebabkan ginjal membengkak dan ureter menjadi kejang. Tanda yang muncul salah satunya nyeri yang menjalar Hingga Pada perut bawah dan selangkangan.

“Terbentuknya batu terjadi kepekatan urine Hingga ginjal yang terjadi ketika kurang minum,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Serpihan Ulekan Batu Bukan Pemicu Batu Ginjal, Begini Penjelasan Praktisi Medis Urologi