Sesak hingga Terasa Sulit Bernapas Tiap Malam, gegara Apa Ya Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Halo Dok, sudah seminggu saya merasakan setiap Ke malam hari merasa sesak Ke dada dan susah Untuk bernafas. Ini disertai Didalam perut yang terasa tidak enak. Penyebabnya apa ya Dok?

Desy Magdalena Panggabean (wanita, 28 tahun)


Jawaban:

Sesak Ke Di malam mau tidur dan disertai perut yang terasa tidak enak, seringkali disebabkan Dari Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung.

Setelahnya Itu kenapa Di tidur, Lantaran Di tidur posisi tubuh Di posisi mendatar, Supaya asam lambung bisa naik sampai Ke esophagus yang merupakan saluran makan Dibagian atas. Biasanya, yang dirasakan pasien adalah panas Ke dada atau sesak napas.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

  • Tidak makan 2 jam Sebelumnya tidur
  • Minum Terapi yang menghambat produksi asam lambung (Terapi maag golongan PPI)
  • Posisi kepala Di tidur diusahakan lebih tinggi Didalam perut

Didalam posisi tidur yang lebih tinggi Didalam perut, bertujuan agar asam lambung tidak mudah naik Ke saluran cerna Dibagian atas. Jika hal ini belum membantu, sebaiknya berkonsultasi Didalam Praktisi Medis.

dr Ruly Pramadana

Praktisi Medis Umum

Praktisi Medis RSIA Pusura Tegalsari – Bunda Morula Surabaya

Tentang Konsultasi Kesejajaran

Pembaca detikcom yang Memperoleh pertanyaan seputar Kesejajaran, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin Lewat form Konsultasi detikHealth, KLIK Ke SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan Didalam keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu Kemakmuran Psikologis health kamu? Coba ikutan tes psikologi Ke SINI.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sesak hingga Terasa Sulit Bernapas Tiap Malam, gegara Apa Ya Dok?