Bisnis  

Siap-siap Bunda, Harga MinyaKita Naik Pekan Di Bersama Sebab Itu Rp15.700/Kg

Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Sebagai MinyaKita mulai pekan Di. Foto/Dok

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Sebagai MinyaKita mulai pekan Di. Hal itu menunggu Peraturan Pembantu Ri Perdagangan rampung dan segera diterbitkan.

Direktur Jenderal Perdagangan Di Negeri Kemendag, Isy Karim menjelaskan, harga MinyaKita Berencana naik menjadi Rp15.700 perkilogram. Penyesuaian harga itu menggitung komponen biaya produksi yang Menyaksikan kenaikan.

“Sebenarnya Rp15.700 kan Bisa Jadi permendagnya sudah dibahas, sudah selesai pembahasan. Mudah-mudahan Di minggu Di ini, kan nunggu Permendag,” ujar Isy Karim Di ditemui Di Kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (19/7/2024).

Isy menjelaskan, penetapan HET Sebagai MinyaKita yang dihitung Di 2022 itu sudah tidak relevan Bersama situasi perekonomian Di ini. Mengingat ada kenaikan seperti biaya Ekspedisi, Ppn, dan komponen lainnya.

“Jadikan HET MinyaKita ini ditetapkan 2022, perkembangan sudah cukup lama, komponen yang membentuk harga Migas goreng itu sudah naik semua, Bersama Sebab Itu memang sulit dipertahankan,” tambahnya.

Samping itu, Isy mengatakan, kenaikan HET MinyaKita ini juga telah menimbang andil Migas goreng Pada Fluktuasi Harga. Menurutnya, Migas goreng hanya berkontribusi kecil Pada Fluktuasi Harga, Agar diharapkan kenaikan Migas goreng ini tidak berdampak negatif Pada perekonomian.

“Andil Migas goreng Pada Fluktuasi Harga cukup kecil sebenarnya, hanya Di 0,03%, Bersama Sebab Itu itu menjadi pertimbangan Di kenaikan, Sebab ada ongkos transportasi, dan lainnya,” kata Isy.

“Harmonisasi sudah selesai, tinggal nunggu tanda tangan pak Pembantu Ri, Setelahnya Itu nanti Di undangkan Di Kemenkumham (Permendag) kenaikan MinyaKita,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Siap-siap Bunda, Harga MinyaKita Naik Pekan Di Bersama Sebab Itu Rp15.700/Kg