Sound Healing Pembaharuan Wisata Kemenparekraf Sebagai Menyehatkan Mental

Di upaya Memperkenalkan Pembaharuan wisata yang Menyediakan manfaat, Kemenparekraf Mengadakan Peristiwa Sound Healing Sebagai Keseimbangan Alternatif Di Indonesia. Foto/Dimas Andhika Fikri

JAKARTA – Di upaya Memperkenalkan Pembaharuan wisata yang Menyediakan manfaat lebih Di sekadar hiburan, Kementerian Perjalanan Di Luarnegeri dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Mengadakan Peristiwa Sound Healing Sebagai Keseimbangan Alternatif Di Indonesia. Peristiwa ini dirancang sebagai wisata alternatif yang tidak hanya menyuguhkan Penghayatan unik, tetapi juga fokus Di peningkatan Kesejaganan mental para wisatawan.

Di pidatonya Di peresmian yang dilakukan Di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (24/7/2024), Pembantu Presiden Pembantu Presiden Perjalanan Di Luarnegeri dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Menyediakan apresiasi yang tinggi atas digelarnya Sound Healing Sebagai Keseimbangan Alternatif Di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi sound healing sebagai wellnes alternatif Di Indonesia. Waktu Di Jakarta (menjabat sebagai Wagub DKI) kita pernah membuat studi dan kita menemukan bahwa 20 persen Di Penduduk Dunia Jakarta in some sort of mental health issue,” kata Sandiaga.

Di 2023, Kemenparekraf memang telah menetapkan kategori daya tarik “Mental, Healing & Spirituality” Sebagai wisata Kesejaganan. Di mana menawarkan Penghayatan Kesejaganan mental, penyembuhan non-medis, serta kegiatan spiritual dan mindfulnes.

Sound healing atau terapi Bunyi sendiri bertujuan Sebagai membantu menenangkan pikiran Agar dapat membantu pasien yang Lagi Merasakan gangguan kecemasan atau depresi. Terapi biasanya menggunakan alat-alat Bunyi tradisional seperti gamelan, suling, dan lainnya. Tetapi juga bisa Bunyi instrumental.

Sandiaga berharap Di depannya kegiatan ini dapat dikolaborasikan Bersama Langkah-Langkah Kemenparekraf lainnya. Seperti Desa Wisata, Agar mampu menggaet lebih banyak minat wisatawan Di negeri maupun mancanegara.

Sambil Itu, Direktur Utama Pusat Kesejaganan Jiwa Nasional – RS Marzoeki Mahdi Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ, menjelaskan betapa pentingnya Kesejaganan jiwa Untuk tiap orang. Bahwa sampai Di ini masih sangat relevan jika dikatakan tidak ada Kesejaganan tanpa Kesejaganan jiwa.

Sangat fundamental bagaimana seorang manusia harus punya kompetensi. Artinya Memperoleh kemampuan Sebagai berfikir, merasa, berperilaku, berinteraksi Bersama orang lain, menikmati hidup, menikmati Perjalanan Di Luarnegeri, dan lainnya. “Itu semua sangat fundamental (Sebagai kita) punya Kesejaganan mental,” jelas Nova.

Lebih Jelas Nova Membeberkan Di sound healing, diyakini bahwa Lewat suara Akansegera bisa ikut menentukan intervensi yang terbaik Sebagai fase awal Gangguan.

“Dari Sebab Itu daripada menunggu seseorang sudah gangguan jiwa berat, Akansegera lebih baik kalau kita melakukan early intervention, dan salah satunya menggunakan (terapi) suara,” ujar perempuan yang akrab disapa Noriyu itu.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Sound Healing Pembaharuan Wisata Kemenparekraf Sebagai Menyehatkan Mental