Stroke Bisa Serang Usia Muda 20 Tahunan Lho, Ini Penyebabnya

Jakarta

Stroke kerap dipandang sebagai Penyakit yang mengerikan. Tak hanya kedatangannya yang sering mendadak tanpa Tanda, stroke juga mampu menimbulkan kecacatan permanen Di pengidapnya.

Mengutip Medical News Today, stroke sendiri umumnya disebabkan Bersama 2 hal. Yang pertama adalah arteri yang membawa darah Ke otak tersumbat, Supaya mengakibatkan stroke iskemik.

Yang kedua adalah pembuluh darah Ke otak pecah, Supaya darah bocor Ke Dibagian-Dibagian otak yang lain. Ini menyebabkan stroke hemoragik.


Kelompok umumnya beranggapan kalau orang berusia lanjutlah yang berisiko terkena stroke. Tetapi sebenarnya, orang berusia muda pun bisa terserang Penyakit ini.

Ada beberapa penyebab orang usia 20-30 tahun bisa terserang Penyakit stroke. Simak pembahasannya Ke artikel berikut.

Penyebab Stroke Di Usia Muda

Orang usia muda bisa Merasakan stroke Sebab obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Ke Di Itu, ada faktor-faktor lain yang Meningkatkan risiko orang usia muda terkena stroke.

1. Obesitas

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disorders, obesitas bisa Meningkatkan risiko terkena stroke.

Obesitas sendiri didefinisikan Bersama Kementerian Kesejajaran sebagai penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) Bersama energi yang digunakan (energy expenditure) Di waktu lama.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab stroke Di usia muda. Ketika darah yang Datang Memberi tekanan yang besar Di dinding arteri, arteri bisa pecah.

Menurut artikel tahun 2020 yang diterbitkan Ke jurnal American Heart Association, tekanan darah tinggi menyerang 1 Bersama 8 orang berusia 20-40 tahun.

3. Diabetes

Menurut Literatur Diabetes in America (2018), diabetes adalah salah satu faktor terbesar yang bisa memicu stroke. Menurut World Health Organization, 95% Bersama pengidap diabetes Memiliki diabetes tipe 2, yang berarti tubuh tidak bereaksi Pada insulin Bersama baik Supaya kadar gula Di tubuh Menimbulkan Kekhawatiran.

Diabetes tipe 2 ini dulunya hanya timbul Di orang dewasa, tetapi akhir-akhir ini diabetes tipe 2 juga ditemukan Di anak-anak.

4. Faktor Lain

Selain 3 Kepuasan yang telah disebutkan, ada berbagai faktor lain yang bisa menyebabkan stroke Di orang usia muda, Ditengah lain sebagai berikut.

  • Infeksi viral seperti HIV
  • Penggunaan alat kontrasepsi Bersama hormon estrogen
  • Kehamilan
  • Kepuasan medis yang mengakibatkan pembengkakan seperti lupus
  • Riwayat keluarga yang pernah terkena stroke
  • Konsumsi rokok dan alkohol berat
  • Jarang beraktivitas fisik
  • Sering mengonsumsi Konsumsi yang mengandung lemak jenuh dan gula.

Karena Itu, bukan hanya orang lanjut usia yang bisa terkena stroke, ya. Orang berusia 20-30 tahun pun bisa terkena Penyakit ini. Stroke Di usia muda bisa dicegah Bersama menjaga pola makan sehat, rajin beraktivitas fisik, menghindari rokok, dan menjaga berat badan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Stroke Bisa Serang Usia Muda 20 Tahunan Lho, Ini Penyebabnya