Studi Ungkap Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Pikun

Jakarta

Sebuah studi Mutakhir menemukan bahwa penyebab hilangnya ingatan atau pikun adalah perasaan kesepian. Para peneliti Ke Universitas Waterloo yang melakukan Studi tersebut Sebelumnya Itu Memperhatikan empat kelompok orang lansia Pada periode enam tahun Sebagai melihat bagaimana kesepian dan isolasi sosial memengaruhi hilangnya ingatan.

Kategori peserta adalah mereka yang terisolasi dan kesepian secara sosial, mereka yang hanya terisolasi secara sosial, mereka yang hanya kesepian, dan mereka yang bukan keduanya.

Responden yang terisolasi secara sosial dan kesepian Menyaksikan penurunan daya ingat paling besar. Lalu responden yang Menyaksikan kesepian saja, bukan isolasi sosial, juga mempunyai pengaruh terbesar kedua Di ingatan.


Kendati hubungan sosial terbukti membuat otak tetap tajam seiring bertambahnya usia, aktif secara mental juga penting.

Cara menjaga otak tetap sehat

“Otak tidak pernah menyelesaikan jaringannya. Dan kemampuan otak Anda Sebagai mengubah jaringan neuronnya, yang juga disebut plastisitas, bertahan sepanjang hidup Anda. Artinya, Anda dapat mempelajari Kekuatan Mutakhir kapan saja,” kata Dr Lisa Feldman Barrett, psikolog dan ahli saraf, dikutip Di CNBC Make It, Jumat (19/7/2024).

Salah satu cara Sebagai Meningkatkan plastisitas otak adalah Didalam mencoba hal-hal Mutakhir.

“Setiap kali Anda menemukan sesuatu yang tidak Anda antisipasi atau tidak Anda prediksi, dan hal itu Bisa Jadi berguna Ke masa Di, otak Anda Akansegera Melakukanlangkah-Langkah mempelajarinya. Dan belajar adalah plastisitas,” ungkap Barrett.

Kegiatan seperti Perjalanan Kaki, belajar bahasa Mutakhir, atau membaca Literatur semuanya dapat Meningkatkan Kesejaganan otak.

Samping Itu, Olah Raga juga berkontribusi Sebagai dapat merangsang Kemajuan sel otak.

“Bentuk Kegiatan yang memerlukan strategi Akansegera lebih melatih korteks prefrontal Anda,” imbuh Dr Wendy Suzuki, seorang ahli saraf dan dekan Fakultas Karyaseni dan Sains Universitas New York.

Menurutnya Memperoleh Hubungan sosial yang Menarik Perhatian tidak sepenuhnya tidak berguna. Faktanya, bertemu orang Mutakhir juga dapat Meningkatkan plastisitas otak.

“Semua hal ini kini menjadi tantangan metabolisme,” kata Barret. “Akan Tetapi, hal-hal ini seperti Penanaman Modal Sebagai Anda yang lebih sehat dan lebih kuat.”

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Studi Ungkap Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Pikun