Tak Cuma Anak Sekolah, Bumil-Balita Juga Karena Itu Sasaran Inisiatif Makan Bergizi Gratis


Jakarta

Pejabat Tingginegara Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyebut Inisiatif Makan Bergizi Gratis (MBG) yang Akansegera Diterapkan Ke 2025 tak hanya menyasar anak sekolah, tetapi juga menyasar ibu hamil dan menyusui, serta balita.

Adapun hal tersebut disampaikan Di Diskusi Paripurna Hingga-4 Dewan Perwakilan Rakyat RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 Di Menyambut Baik komentar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat mengenai Inisiatif MBG Di Rancangan Biaya Pendapatan dan Belanja Bangsa (RAPBN) 2025.

“Pemerintah sependapat Di pandangan fraksi mengenai Inisiatif Makan Bergizi Gratis yang juga harus menyasar ibu hamil, menyusui dan balita,” kata Sri Mulyani, dikutip Di YouTube Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (29/8/2024).


Karenanya, Inisiatif MBG diharapkan dapat Memperbaiki kecukupan gizi, sekaligus peningkatan kecerdasan anak, dan Pra-Penanganan stunting.

Adapun Pra-Penanganan stunting merupakan Aturan prioritas pemerintah Di bidang Kesejaganan. Terlebih pemerintah juga berhasil menurunkan prevalensi stunting Di 37,2 persen Ke tahun 2013 menjadi 21,5 persen Ke tahun 2023. Sri Mulyani menyebut kinerja ini perlu Sebagai terus diakselerasi.

Lebih Jelas, Sri Mulyani mengatakan Inisiatif MBG yang dilakukan berupa pemberian makan bergizi dan susu gratis Ke sekolah dan pesantren, serta Dukungan gizi Sebagai anak balita, dan ibu hamil/menyusui Di risiko anak stunting.

“Penajaman intervensi stunting yang berbasis kewilayahan Memusatkan Perhatian Ke 12 provinsi prioritas khusus Ke aspek Pra-Penanganan, yaitu intervensi Ke sasaran 1.000 hari pertama kehidupan,” imbuhnya.

Selain menjadi penambah Gizi Ke usia sekolah, Inisiatif MBG diharapkan dapat Merangsang kehadiran siswa Ke sekolah Agar Akansegera Memperbaiki Standar pembelajaran, serta Mengurangi angka absensi atau putus sekolah Di rangka Memperbaiki Standar SDM.

Inisiatif MBG juga diharapkan dapat berdampak positif Pada Kesejaganan dan prestasi akademis para murid. Penyedia Hidangan atau dapur umum Ke Inisiatif ini ditargetkan Sebagai melibatkan Pelaku Ekonomi Kecil lokal.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tak Cuma Anak Sekolah, Bumil-Balita Juga Karena Itu Sasaran Inisiatif Makan Bergizi Gratis