Telanjur Konsumsi Roti Okko Berpengawet Natrium Dehidroasetat, Harus Gimana?


Jakarta

Guru Besar Pharma Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati ikut Menyambut Baik Peristiwa Pidana viral roti Okko mengandung pengawet natrium dehidroasetat. Prof Zullies menjelaskan zat tersebut merupakan garam natrium Di asam dehidroasetat.

Kerap dipakai sebagai pengawet Hingga industri Makeup maupun Konsumsi. Tujuannya Di lain Untuk mencegah perkembangan bakteri, jamur, sampai ragi, Agar masa simpan atau kedaluwarsa bisa bertahan lebih lama.

Menurutnya, natrium dehidroasetat relatif aman dikonsumsi Di Untuk batas yang ditentukan. Mengacu Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA), batas asupan harian yang dapat diterima adalah 0-0,6 mg per kg berat badan per hari.


“Seperti bahan kimia lainnya, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah Keadaan. Di dosis tinggi, natrium dehidroasetat dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dan efek toksik Di hati dan ginjal. Studi Di hewan telah Menunjukkan bahwa dosis sangat tinggi bisa Berpeluang menyebabkan keracunan,” tuturnya kepada detikcom Rabu (24/7/2024).

Meski begitu, Prof Zullies meminta Kelompok tidak perlu khawatir berlebihan bila sudah telanjur mengonsumsi produk Yang Terkait Di.

“Kalau tidak ada Tanda-Tanda khusus tidak perlu khawatir,” tandas dia.

Lain halnya, bila Mengkritik Tanda-Tanda tertentu, disarankan Sebagai mencari Perawatan Medis medis Hingga fasilitas Keadaan terdekat.

Di produk Konsumsi, natrium dehidroasetat digunakan Untuk jumlah yang sangat kecil sesuai Di regulasi ketat, seperti Hingga banyak Negeri yang mengizinkan senyawa itu menjadi bahan tambahan Ketahanan Pangan (BTP).

“Ada kemungkinan produk yang ditarik tersebut mengandung natrium dehidroasetat melebihi batas amannya,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Telanjur Konsumsi Roti Okko Berpengawet Natrium Dehidroasetat, Harus Gimana?