Temulawak Bisa Menurunkan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya

Temulawak bisa menurunkan kolesterol jahat dan Memperbaiki kolesterol baik Untuk tubuh. Tanaman ini dikenal Bersama segudang manfaatnya Untuk Kesejajaran. Foto/Istock Photo Akhdiat Mendominasi

JAKARTA Temulawak bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan Memperbaiki kolesterol baik (HDL) Untuk tubuh. Tanaman herbal asli Indonesia ini, telah lama dikenal Bersama segudang manfaatnya Untuk Kesejajaran.

Manfaat temulawak Sebagai menurunkan kolesterol dapat dikaitkan Bersama kandungan senyawa aktif Ke dalamnya, terutama kurkumin. Kurkumin Memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang berperan penting Untuk menjaga Kesejajaran jantung.

“Saya baca meta analisis yang berjudul Curcumin and Blood Lipid Levels. Karena Itu Ke Studi ini, temulawak yang Ke dalamnya terkandung curcumin,” kata Ahli Kebugaran Penyakit Untuk, Desca Medika Hertanto dikutip Untuk akun Instagram pribadinya, @dokterdesca, Rabu (24/7/2024).

“Suatu senyawa polyphenolic yang punya efek anti-inflamasi, antioksidan, anti proliferantif dan anti angiogenik ternyata mempunyai potensi Sebagai menurunkan kolesterol darah,” lanjutnya.

Mekanisme Penurunan Kolesterol

Temulawak bekerja Bersama beberapa cara Sebagai menurunkan kolesterol yakni Memperbaiki produksi empedu, menurunkan peradangan, dan Memperbaiki kolesterol baik. Temulawak merangsang produksi empedu Ke hati, yang membantu tubuh membuang kolesterol jahat Untuk aliran darah.

Peradangan kronis dapat Memperbaiki kadar kolesterol jahat. Sifat anti-inflamasi kurkumin membantu meredakan peradangan, Supaya menurunkan kolesterol jahat. Di Itu, temulawak dapat Memperbaiki kadar kolesterol baik yang membantu membawa kolesterol jahat keluar Untuk tubuh.

Studi Ilmiah

Berbagai Studi ilmiah telah Menunjukkan efektivitas temulawak Untuk menurunkan kolesterol. Sebuah studi Ke tikus hiperkolesterolemia Menunjukkan bahwa pemberian ekstrak temulawak Di 8 minggu secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat dan Memperbaiki kolesterol baik.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Temulawak Bisa Menurunkan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya