Bisnis  

Tiga Langkah Unggulan PHE OSES Berdayakan Komunitas Di Kepulauan Seribu

Direktur Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Wisnu Hindadari Di rangkaian kunjungan Langkah CID PHE OSES Di Kepulauan Seribu. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina terus Merangsang Langkah Community Involvement & Development (CID) yang dijalankan PHE OSES Di Kepulauan Seribu. Tiga Langkah utama Di antaranya Pelaut Tangguh, Seribu Asa dan Tiga Perisai.

“Langkah CID dimaksudkan Sebagai menggali potensi-potensi lokal yang dapat dioptimalkan Sebagai Merangsang kemandirian Komunitas setempat secara berkelanjutan,” ujar Direktur Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Wisnu Hindadari Di pernyataannya, Senin (5/8/2024).

Adapun Langkah-Langkah tersebut melibatkan local heroes, yang mencakup nelayan dan kader Posyandu, sekaligus Memberi Pemberian perlengkapan alat tangkap ikan kepada nelayan. Sebagai perusahaan hulu migas yang Memperoleh Area operasi Di Kepulauan Seribu, PHE OSES berkomitmen Sebagai mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Ramah Lingkungan), khususnya Di tiga dimensi kehidupan Komunitas Di.

Sebagai Meningkatkan Kesejajaran dan Kekuatan kelompok nelayan, PHE OSES menginisiasi Langkah Pelaut Tangguh, akronim Di Peningkatan Pendapatan Nelayan yang Tanggap, Guyub dan Humanis. Diawali Bersama inisiasi tinjauan potensi lokal Di 2022, Langkah Pelaut Tangguh dilanjut Bersama pemberian rumpon Hingga Sentra Penyuluh Konservasi Pedesaan (SPKP), Pemberian permodalan jasa pembuatan bubu, dan permodalan Warung Serba Ada (Waserda) sebagai lini usaha koperasi.

Sedangkan Di aspek Kesejajaran, Perusahaan mendukung Langkah pemerintah Di gerakan Pra-Penanganan stunting dan perbaikan gizi buruk Untuk balita Di Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Panggang Lewat Langkah unggulan Seribu Asa. Sebanyak 57 balita Menyambut Pemberian asupan Minuman utama Bersama kandungan gizi seimbang dan vitamin Untuk mendukung Kemajuan yang optimal.

Ketiga yaitu Di aspek lingkungan, PHE OSES Melakukanupaya mendukung mitigasi Pemanasan Global dan konservasi Bersama fokus Di perbaikan Keadaan Lingkungan dan pelestarian tukik (anak penyu).

“Sebelum 2019, lebih Di 130 ribu tukik telah dilepasliarkan Lewat Langkah Tiga Perisai, termasuk penyelamatan Di 3.500 telur penyu,” tambah Wisnu.

Sebagai Meningkatkan kepedulian Komunitas Di lingkungan, Perusahaan juga melibatkan nelayan sebagai pelaku konservasi. PHE OSES telah Memberi 25.000 bibit mangrove Di 52 nelayan. Sebelum 2019, total bibit mangrove yang telah ditanam mencapai 130.000.

Di Samping Itu, PHE OSES juga Memberi Belajar rehabilitasi terumbu karang. Sebelum 2023, Perusahan telah melakukan transplantasi karang Di area seluas 300 meter persegi, Bersama total 9.600 fragmen (bibit).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Tiga Langkah Unggulan PHE OSES Berdayakan Komunitas Di Kepulauan Seribu