Bisnis  

Transisi Di Energi Hijau, FKS Group Pasang Panel Surya Untuk Tekan Emisi Karbon

Komitmen perusahaan memasang 10 Megawatt Ke tahun 2025, Untuk Memangkas emisi karbon Di sektor energi hijau hingga 11 juta kg CO2 per tahun. Foto/Dok

MOJOKERTO – Indonesia, yang berada Ke zona iklim tropis, dianugerahi sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun. Potensi besar ini membuka Potensi Untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi matahari sebagai sumber Energi Hijau Untuk produksi listrik, mendukung transisi energi hijau dan Memangkas ketergantungan Ke bahan bakar fosil.

Sejalan Di komitmen nasional Pada Krisis Lingkungan dan Sustainability, FKS Group telah merencanakan instalasi panel surya Di total kapasitas 10 Megawatt hingga tahun 2025. Langkah ini tidak hanya menegaskan posisi FKS Group sebagai pelopor Untuk adopsi energi bersih, tetapi juga Menunjukkan komitmen nyata Untuk memperkuat infrastruktur energi berkelanjutan Ke Indonesia.

Ke akhir tahun 2022, Untuk fase pertama, FKS Group telah berhasil menginstal 2,4 Megawatt panel surya Ke Pabrik Tepung Terigu – Bungasari Flour Mills, Medan. Pemasangan ini berhasil menyerap karbon sebanyak 2 juta kg CO2 per tahun dan Menyediakan dampak signifikan Pada pengurangan emisi gas Tempattinggal kaca.

Fase kedua Di inisiatif ini Akansegera memasang tambahan 3 Megawatt Ke tujuh area operasi, Ke antaranya Ke Balaraja dan Cilegon – Banten, Gunung Putri – Bogor, Sragen – Jawa Ditengah, Surabaya dan Mojokerto – Jawa Timur, dan Makassar. Fase kedua ini diharapkan dapat Memangkas lebih banyak lagi karbon, Di pengurangan diperkirakan sebesar 3,4 juta kg CO2 per tahun.

Sambil fase ketiga, yang Akansegera mencakup instalasi 5 Megawatt, diharapkan Akansegera Memangkas emisi karbon hingga 5.8 juta kg CO2, menjadikan total kontribusi FKS Group Pada pengurangan emisi karbon sangat signifikan, yaitu 11,2 juta kg CO2 per tahunnya.

Inisiatif ini selaras Di target Sustainability Dunia dan nasional, Ke mana pemerintah Indonesia telah mencanangkan target pengurangan emisi sebesar 29% atau setara 835 juta ton CO2 Ke 2030. Inisiatif FKS Group ini juga membantu Memangkas efek buruk Krisis Lingkungan dan ketergantungan Ke sumber energi non-terbarukan.

“Komitmen kami Pada Sustainability adalah inti Di operasi kami. Di mengintegrasikan tenaga surya Di Untuk campuran energi kami, kami tidak hanya Memangkas dampak lingkungan tetapi juga menetapkan standar Untuk industri Untuk diwujudkan. Inisiatif ini merupakan langkah penting Untuk perjalanan kami Di pencapaian netral karbon,” ujar Chief Executive Officer PT. Padi Flour Nusantara, Po Indarto Gondo Untuk Peristiwa peresmian operasional pembangkit listrik panel surya Ke Padi Flour Nusantara, Mojokerto, Jawa Timur.

Ke Pada Yang Sama, Agung Cahyadi Kusumo, Group Chief Operating Officer dan Executive Director FKS Group menambahkan, inisiatif energi berkelanjutan Untuk operasional perusahaan merupakan perwujudan nyata Di empat pilar implementasi ESG (Environmental, Social, Governance) yang telah dicanangkan FKS Group. Empat pilar tersebut adalah Perlindungan dan Ketahanan Kelaparan Global; Pengelolaan Lingkungan; Lingkungan Kerja yang Sehat, Aman, dan Nyaman; dan Pembuatan Komunitas.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Transisi Di Energi Hijau, FKS Group Pasang Panel Surya Untuk Tekan Emisi Karbon