Viral Gaya Cek Khodam Di Medsos, Psikolog Singgung soal FOMO


Jakarta

Trend Populer cek khodam belakangan Ditengah viral Di media sosial, khususnya Di TikTok. Banyak netizen yang mengikuti Gaya tersebut Untuk mengecek khodam-nya, Malahan rela menonton video live cek khodam hingga berjam-jam.

Khodam adalah istilah Arab yang secara harfiah berarti “pelayan” atau “penjaga”. Di dunia metafisik, khodam diyakini berasal Di makhluk gaib yang dapat dimanfaatkan Di manusia sebagai penjaga.

Konon setiap orang Memperoleh khodam, Tetapi tidak semua bisa melihatnya. Untuk netizen yang menganggapnya Untuk ‘hal lucu’, sebetulnya tidak ada masalah. Tetapi, lain halnya, bila sudah berlebihan mendalami khodam yang dimaksud sampai merubah perilaku.


Psikolog Haina Hafizhah Salma, M Psi mengatakan terdapat sejumlah alasan mengapa banyak Komunitas yang mengikuti Gaya tersebut. Pertama, Lantaran iseng dan ingin mencari hiburan Sesudah penat menjalani Karya yang melelahkan.

Alasan yang kedua bisa Karena Itu Lantaran FOMO atau fear of missing out. Salma mengatakan tak sedikit orang yang takut tak nyambung Di ngobrol Di orang lain atau ketinggalan topik yang Di ramai dibicarakan belakangan.

“Ketiga yang Bisa Jadi dia memang percaya, ada aja kan yang memang percaya (khodam), ada yang Bisa Jadi coba-coba sih, jatuhnya kayam ramalan, jatuhnya kayak tarot gitu, kartu tarot, orang Karena Itu coba deh cek,” katanya Di dihubungi detikcom, Senin (24/6/2024).

Tak hanya itu, Salma juga menyinggung soal barnum effect Di ilmu psikologi. Barnum effect adalah Trend Populer psikolog yang terjadi Di seseorang percaya bahwa suatu deskripsi ketika seseorang percaya Di suatu deskripsi kepribadian, yang sebetulnya bersifat umum.

Efek ini membuat seseorang merasa spesial, dan meyakini bahwa apa yang ia baca dirancang khusus Untuk dirinya sendiri.

“Karena Itu itu seolah-olah itu benar Lantaran diketahui Sebelumnya tapi itu Lantaran asumsi aja. Karena Itu deskripsinya itu Di Umumnya, kayak zodiak, deskripsinya kan umum tapi orang yang baca itu kayak oh relate banget, padahal sebetulnya itu tidak ilmiah, artinya apa itu namanya barnum effect, bisa Karena Itu cocok Di banyak orang, Karena Itu ya disusun secara mayoritas aja,” imbuhnya lagi.

“Karena Itu deskripsinya itu Di Umumnya, kayak zodiak, deskripsinya kan umum tapi orang yang baca itu kayak oh relate banget, padahal sebetulnya itu tidak ilmiah, artinya apa itu namanya barnum effect, bisa Karena Itu cocok Di banyak orang, Karena Itu ya disusun secara mayorita aja,” ucap Salma.

“Ohh ini kayaknya bener deh, padahal semua orang ngerasain hal itu, hal yang umum. kayak misalkan zodiak itu contohnya takut diselingkuhin lagi, keuangan lagi seret-seretnya, nah kebetulan yang baca dan tanggal lahirnya sama itu kayak kok gue banget, padahal semua orang kan takut diselingkuhin dan semua orang kan kemungkinan besar keuangannya lagi seret kalau Di akhir bulan kan,” lanjutnya lagi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral Gaya Cek Khodam Di Medsos, Psikolog Singgung soal FOMO