Waspada! Google Chrome Palsu Curi Data User

Google Chrome palsu disinyalir dijadikan alat Untuk mencuri data User. (Foto: Essanews)

JAKARTA – Beredar kabar Ke dunia maya terdapat Google Chrome palsu curi data User. Diduga data tersebut tersimpan Ke server Rusia.

Kabar tadi viral Sesudah para ahli Untuk AG Data mendeteksi Langkah Android palsu yang menyamar sebagai browser Google Chrome. Pengamatan mereka Menunjukkan bahwa Langkah tersebut digunakan Untuk mencuri data yang berakhir Ke server Ke Rusia.

Dilansir Untuk Essanews, Kamis (6/6/2024), dugaan tadi muncul Sesudah seorang User Smart Phone Android mengunduh Langkah Google Chrome Untuk sumber yang tidak resmi. Sekilas terlihat tidak ada masalah, Tetapi para ahli meyakini bahwa ini bisa berbahaya.

Pakar Perlindungan siber Untuk AG Data membuktikan bahwa Langkah tersebut terlihat persis Di browser Google Chrome asli. Tetapi, Sesudah dilakukan analisis menyeluruh, terungkap bahwa hal tersebut mengandung kode berbahaya.

Faktanya Sesudah proses instalasi Langkah secara otomatis mengumpulkan data penting seperti kata sandi, data login, dan riwayat penelusuran Malahan Langkah tersebut Memiliki akses Pada mikrofon dan Perekamgambar Agar memicu potensi kejahatan yang mengetahui kehidupan User sehari-hari.

Analis menentukan bahwa data yang dikumpulkan dikirim Ke server Ke Rusia. Para ahli telah menginformasikan temuan ini Ke pihak Google. Mereka juga memastikan bahwa langkah-langkah telah diambil Untuk menghapus Langkah palsu tersebut. Samping Itu, langkah-langkah Perlindungan ekstra telah diterapkan Ke Google Play Store resmi Untuk mencegah Tindak Kejahatan serupa Ke masa mendatang.

Google menyarankan agar User mengunduh Langkah hanya Untuk sumber terpercaya. Samping Itu, disarankan Untuk memeriksa izin yang diminta Dari Langkah dan menggunakan antivirus.

Para ahli menganjurkan Untuk memperbarui Os dan Langkah secara berkala yang biasanya menambah sistem Perlindungan, berhati-hatilah Lantaran siapapun bisa menjadi sasaran peretas kapan saja.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Waspada! Google Chrome Palsu Curi Data User