Waspada! Ini 10 Minuman Pemicu Kelenjar Getah Bening yang Perlu Dihindari

Jakarta

Kelenjar getah bening merupakan organ kecil berbentuk seperti kacang yang dapat muncul Hingga beberapa Pada tubuh. Organ ini berfungsi penting Sebagai menyaring zat yang masuk Di tubuh.

Ketika melawan Gangguan Menyebar dan Gangguan, kelenjar getah bening Berencana bereaksi, Supaya dapat membengkak atau membesar. Tetapi, tak jarang pembengkakan kelenjar getah bening juga dipicu Dari faktor Minuman tertentu.

Minuman Penyebab Kelenjar Getah Bening

Seperti yang disebut Sebelumnya Itu, Minuman adalah salah satu faktor penyebab Situasi kelenjar getah bening membengkak. Dikutip Di laman Icyhealth, Artemis, dan Blendofbites, berikut 10 Minuman pemicu gangguan kelenjar getah bening yang harus dihindari:


1. Minuman yang Mengandung Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang dapat dijumpai Ke produk Minuman gandum, seperti sereal, kue, sereal, dan roti. Minuman ini tidak disarankan Untuk pengidap pembengkakan kelenjar getah bening Lantaran dapat menyebabkan efek Di tertentu.

Mulai Di kram, kembung, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hingga Di Itu, Minuman Bersama kandungan gluten juga justru Berencana Lebih memperbesar kelenjar getah bening.

2. Minuman Rendah Serat

Kelenjar getah bening berkaitan erat Bersama sistem tubuh lainnya, diantaranya yaitu sistem limfatik yang berperan melindungi tubuh Di organisme Asing penyebab Gangguan. Bersama Detail, sistem limfatik juga berkaitan Bersama sistem pencernaan.

Lantaran itu, Minuman rendah serat yang bisa menyebabkan penurunan pergerakan saluran usus juga perlu dihindari Dari mereka yang menderita kelenjar getah bening. Contoh Minuman rendah serat meliputi ayam, telur, mayones, selai kacang, Migas zaitun, dan nasi putih.

3. Minuman Tinggi Sodium

Minuman Berikutnya yang perlu dihindari Dari penderita kelenjar getah bening bengkak adalah Minuman yang tinggi Berencana sodium. Dilansir Di situs Kosmeaesthetic, asupan sodium tinggi dapat memberatkan sistem limfatik Di menjaga Kesejaganan cairan tubuh.

Kandungan sodium tinggi biasanya terdapat Ke Minuman seperti saus, acar, dan Minuman kemasan.

4. Daging Merah

Pengidap kelenjar getah bening bengkak sebaiknya membatasi konsumsi daging merah, seperti daging sapi, domba, babi atau kambing. Pasalnya, daging merah Berpeluang mengganggu mikrobioma dan berakibat Ke menurunnya sistem kekebalan tubuh.

5. Junk Food

Terlepas Di rasanya yang lezat, tak terpungkiri bahwa Minuman cepat saji menimbulkan berbagai dampak buruk Untuk Kesejaganan. Salah satunya yaitu memengaruhi kelenjar getah bening.

Hal ini Lantaran produk fast food Berencana memicu penumpukan lemak Ke kelenjar getah bening yang membengkak, Supaya fungsi penyaringan Dari organ ini pun terganggu.

6. Gorengan

Minuman primadona warga Indonesia ini ternyata juga termasuk Di daftar Minuman yang harus dihindari Dari penderita kelenjar getah bening bengkak. Hal ini Lantaran gorengan mengandung banyak lemak yang dapat membebani kinerja sistem limfatik.

7. Minuman Non Organik

Sama seperti gorengan, produk non organik yang menggunakan bahan kimia juga membuat sistem limfatik harus bekerja ekstra Di melakukan penyaringan. Agar sistem limfatik tetap sehat, ada baiknya Sebagai menghindari jenis Minuman satu ini.

8. Produk Susu

Produk olahan susu seperti keju Memperoleh sodium dan lemak berjumlah tinggi. Seperti yang sempat disinggung Sebelumnya Itu, lemak merupakan penyebab utama yang membebani fungsi Di sistem limfatik.

9. Gula Rafinasi

Konsumsi gula rafinasi (gula Di sari tebu) secara berlebih merupakan pantangan Untuk pengidap kelenjar getah bening bengkak. Hal ini disebabkan kelebihan asupan gula dapat memperlambat pergerakan cairan dan dan resistensi insulin, yaitu Situasi kadar glukosa tinggi Di jangka waktu lama.

Jika terus dibiarkan, Situasi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan jaringan Di sistem limfatik.

10. Pemanis Buatan

Jenis Minuman terakhir yang pantang dikonsumsi penderita pembengkakan kelenjar getah bening adalah produk pemanis buatan.

Sejumlah Eksperimen menemukan bahwa pemanis buatan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Lantaran itu, konsumsi pemanis buatan sebisa Mungkin Saja harus dihindari.

Faktor Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Selain Minuman, kelenjar getah bening bengkak juga dapat disebabkan Dari faktor-faktor lainnya. Mengutip Di laman Healthline, penyebab kelenjar getah bening bengkak adalah sebagai berikut:

  • Reaksi alergi Pada Terapi-obatan.
  • Stress.
  • Sariawan.
  • Gangguan Menyebar telinga.
  • Gangguan Menyebar sinus.
  • Gangguan Menyebar gigi (abses).
  • Radang tenggorokan.
  • Radang gusi.
  • Gangguan Menyebar kulit seperti selulitis.
  • Gangguan HIV.
  • Gangguan menular seksual seperti sifilis atau gonorrhea.
  • Gangguan kanker seperti leukemia, limfoma hodgkin, dan non-hodgkin.

Cara Menjaga Kelenjar Getah Bening Tetap Sehat

Dikutip Di Literatur Bunga Rampai Ilmu Biomedik, berikut hal-hal yang bisa dilakukan Sebagai menjaga sistem limfatik dan organ kelenjar getah bening tetap sehat:

  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi Bersama banyak minum air.
  • Konsumsi Minuman bergizi seimbang.
  • Istirahat dan tidur yang cukup.
  • Aktivitasfisik secara teratur.
  • Hindari paparan bahan kimia berbahaya.
  • Gunakan Perawatan Medis luka yang tepat Sebagai mencegah terjadinya Gangguan Menyebar Setelahnya Kerusakan.

Itu dia tadi daftar Minuman penyebab kelenjar getah bening yang sebaiknya dihindari. Sebagai memelihara Kesejaganan kelenjar getah bening, jangan lupa Sebagai memerhatikan konsumsi Minuman dibarengi Bersama pola hidup yang sehat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Waspada! Ini 10 Minuman Pemicu Kelenjar Getah Bening yang Perlu Dihindari