World Cyber Games 2024 Digelar Ke Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Foto: Doc. Istimewa

JAKARTA – Perkembangan industri gaming atau gim Ke Indonesia begitu pesat. Hal ini Justru Memperoleh Dukungan Di pemerintah Lewat Peraturan Pemimpin Negara (Perpres) No.19 yang salah satu isinya Yang Berhubungan Di mempercepat perkembangan industri gim nasional.

Ke mana Pilar Hingga-7 Peraturan Pemimpin Negara Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan apresiasi Di produsen gim nasional Lewat penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan Dunia. Berkaitan Di itu, inisiasi industri konten Melakukan Inisiatif Forum Usaha Ekonomi Kreatif yang mempertemukan berbagai stakeholder industri konten seperti komik, gim, Layar Lebar / animasi Di berbagai Bangsa Di kreator lokal Ke Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Di Negeri (Kemenko Marves RI) Membeberkan, potensi pasar gim online Ke Tanah Air tak sebesar pasar Dunia. Sebagai gim Ke pasar Dunia saja, potensi cuannya terus Meresahkan hingga ratusan miliar Dollar AS.

Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Pembaruan Ekonomi Kreatif Ke Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, Ke tahun 2022 lalu, potensi duit Di gim pasar Dunia mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Ke tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik menjadi 281,77 miliar Dollar AS.

“Itu berapa ribu triliun (Idr), itu (pasar) Dunia. Nah Sebagai yang mobile, gim-gim yang didominasi Dari platform mobile ini 136 miliar Dollar AS Ke 2022, ini Di hampir setengahnya Di 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar Ke mobile gim,” kata Liz Di jumpa pers pembukaan Perayaan Seni World Cyber Games (WCG) 2024 Ke Jakarta Pusat Ke Selasa (4/6/2024).

Liz mengatakan, potensi duit Di perputaran gim Ke Tanah Air Ke tahun ini diprediksi hanya 2,5 miliar Dollar AS atau Di Rp 39 triliun. Angka ini tak sebanding Di posisi Indonesia yang berada Ke tiga besar sebagai pengunduh gim yang ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar AS dan Indonesia ini Pangkat ketiga pengunduh terbesar Ke dunia, ada 3 miliaran yang mengunduh gim,” ujar Liz.

Menurut dia, tingginya angka pengunduh gim Ke Indonesia sebetulnya membuktikan bahwa mereka tertarik Di gim yang ada Ke Alat mobile maupun konsol. Kemenko Marves Lalu Mendorong Komunitas Sebagai menciptakan gim sendiri, Agar bisa bersaing Di pasar Dunia.

“Potensi-potensi yang bernilai ekonomi Sebagai Indonesia sendiri, bisa kami switch Sebagai Mendorong kreatif anak-anak muda Sebagai bisa menjadi pencipta Di gim sendiri,” katanya.

Di kesempatan itu, Liz Membeberkan, ada tujuh tantangan yang dihadapi Sebagai Menyusun ekosistem gim secara mandiri. Pertama Pembaruan sumber daya manusia (SDM); kedua pembukaan akses pembiayaan; ketiga promosi dan akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur Keahlian yang memadai dan Tantangan; lalu kelima penyusunan regulasi Sebagai penguatan ekosistem gim nasional dan keenam pembangunan industri Alat keras Sebagai gim nasional; dan ketujuh aktivasi gim nasional Ke kawasan regional dan Dunia.

Atas dasar itulah, Liz mendukung Indonesia menjadi market gim terbesar Ke Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan Rumah WCG 2024. Perayaan Seni multigim terbesar Ke dunia ini, telah ada Sebelum tahun 2001 lalu Di melibatkan 111 Bangsa, 76 gim dan 1,5 juta Olahragawan Di seluruh dunia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: World Cyber Games 2024 Digelar Ke Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional