11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!

Jakarta

Usus merupakan salah satu organ vital Di sistem pencernaan. Organ ini menyimpan sisa Konsumsi, racun, maupun zat lain yang bisa menyebabkan penumpukan kotoran.

Agar, membersihkan usus menjadi langkah yang penting Sebagai menjaga Keadaan tubuh secara keseluruhan. Bersama usus yang bersih, sistem pencernaan bisa bekerja lebih optimal dan risiko Gangguan dapat diminimalisir.

Cara Membersihkan Usus yang Kotor

Minum air garam, air putih, hingga Konsumsi yang mengandung probiotik dapat membersihkan usus yang kotor. Berikut informasi lengkapnya.


1. Minum Air Garam

Cara membersihkan usus kotor yang kedua yaitu Bersama meminum air garam. Mengutip laman Healthline, sebuah studi Di tahun 2010 Yang Berhubungan Bersama hal ini.

Dikatakan bahwa minum larutan garam suam-suam kuku Pada Latihan Yoga lebih efektif Di pembersihan usus Sebelumnya kolonoskopi dibandingkan Bersama meminum larutan khusus. Akan Tetapi, ada baiknya Sebagai berkonsultasi Bersama Ahli Kebugaran terlebih dahulu Sebelumnya meminum air garam.

Jika sudah siap dan ingin mencobanya, berikut tips meminum air garam:

  • Campurkan 2 Alat teh garam Bersama air hangat. Kamu bisa gunakan garam laut atau himalaya
  • Minum Bersama cepat Pada perut kosong. Di beberapa menit, kamu Mungkin Saja Akansegera merasakan mulas atau ingin buang air besar
  • Lakukan ini Di pagi dan sore hari. Pastikan kamu berada Didekat Bersama kamar mandi.

2. Minum Air Putih

Minum air putih menjadi cara yang sederhana Sebagai membuat pencernaan menjadi lancar. Pastikan Sebagai menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi juga Konsumsi yang Memperoleh kandungan air yang tinggi, seperti buah dan sayur.

3. Konsumsi Konsumsi Tinggi Serat

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna tubuh tapi melancarkan pencernaan, penyerapan Konsumsi Bergizi dan pergerakan limbah Lewat usus besar. Kamu dapat menemukan serat Di Konsumsi nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Banyaklah mengkonsumsi Konsumsi berserat tinggi. Sebab, makronutrien penting ini dapat membantu Keadaan usus besar dan baik Sebagai bakteri usus.

4. Campur Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel dan madu mengandung probiotik. Menurut laman Very Well Health, mencampurkan kedua bahan ini dapat membantu menjaga Keadaan usus.

Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung, Komunitas percaya bahwa ramuan ini bisa Menerbitkan racun Di tubuh. Caranya, campurkan satu Alat madu asli atau madu yang belum diolah dan dua Alat cuka sari apel Hingga segelas air hangat.

5. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang mempunyai manfaat Keadaan, terutama Sebagai pencernaan. Menurut para peneliti, kandungan ini membantu menggantikan bakeri baik, dan menyeimbangkan bakteri baik dan jahat Di tubuh, Agar pencernaan menjadi lancar.

Contoh Konsumsi yang mengandung probiotik yaitu yoghurt, kimchi, dan acar, Kamu juga dapat mengkonsumsi probiotik lewat Nutrisi Tambahan.

6. Jus dan Smoothie

Agar tubuh tetap terhidrasi, selain mengkonsumsi buah secara langsung, kamu dapat membuatnya menjadi jus atau smoothie. Jus mengandung serat dan Konsumsi Bergizi yang bermanfaat Untuk pencernaan.

Terlebih, mengkonsumsi buah mampu Meningkatkan mikrobioma usus dan pergerakan Konsumsi Di usus. Buah juga mampu membantu Memangkas sembelit.

7. Teh Jahe

Jahe merupakan rempah yang dapat merangsang pencernaan. Sebagai mengkonsumsinya, buatlah teh jahe hangat yang dicampur Bersama madu. Minum sekali atau dua kali sehari.

8. Mengkonsumsi Pati Resisten

Mirip Bersama serat, pati resisten bisa ditemukan Di Konsumsi seperti kentang, nasi, kacang, dan biji-bijian. Pati resisten dapat mendukung Keadaan uus besar Bersama Meningkatkan mikroflora usus.

Meski begitu, jika kamu mengikuti Asupan Konsumsi rendah karbohidrat, pilih Konsumsi yang hanya sedikit menyebabkan lonjakan darah. Contohnya yaitu gandum utuh, pisang hijau, dan lentil.

9. Migas Ikan

Migas ikan atau fish oil mengandung asam lemak omega 3 yang efektif membersihkan usus besar. Mengutip Medicine Net, Migas ikan bisa dikonsumsi lewat Nutrisi Tambahan.

10. Teh Herbal

Teh herbal dapat membantu menjaga Keadaan pencernaan. Ramuan pencahar yang mengandung lidah buaya, akar marshmallow, dan psyllium bisa membantu mengatasi sembelit. Sebelumnya itu, pastikan Sebagai berkonsultasi Bersama Ahli Kebugaran Sebelumnya meminumnya.

11. Latihan Secara Teratur

Penting Sebagai menjaga persentase lemak Di tubuh Di batas yang normal. Menurut laman Pemprov Jambi, adanya lemak berlebih dapat Meningkatkan risiko kanker usus.

Salah satu cara menghindarinya yaitu Bersama Aktivitasfisik secara teratur. Hal ini Lantaran Latihan bisa Meningkatkan aliran darah Hingga otot Di sistem pencernaan. Agar gerakan Konsumsi Di saluran pencernaan lebih efisien.

Itulah informasi mengenai cara membersihkan usus yang kotor. Umumnya, cara-cara ini aman dilakukan, tapi Untuk yang Memperoleh masalah Keadaan, tanyakan Hingga Ahli Kebugaran terlebih dahulu Sebelumnya melakukannya. Misalnya, orang Bersama tekanan darah tinggi biasanya menghindari air garam yang Meningkatkan asupan natrium.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!