2 Sosok Letjen TNI AD yang Bersiap Pensiun, Nomor 1 Teman Seangkatan Mantan KSAD Dudung Abdurachman

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Defender (Kemhan), Letjen TNI Budi Prijono merupakan salah satu jenderal bintang tiga yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD Di rangka pensiun. Foto/Kemhan

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memutasi dua Pati TNI Angkatan Darat (AD) Di rangka pensiun Di 14 Juni 2024 lalu. Keduanya tercatat berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI .

Rotasi ini merupakan Pada Bersama mutasi 18 Pati TNI Bersama Matra Darat dan Udara. Pati TNI yang dimutasi terdiri Bersama 2 pati bintang tiga, Lalu 8 pati bintang dua, 5 pati bintang satu, dan 3 kolonel.

Aturan mutasi tersebut tertuang Di Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/683/VI/2024 tentang Pemberhentian Bersama dan Pengangkatan Di Jabatan Di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia itu ditetapkan Panglima TNI Di 14 Juni 2024 lalu.

Profil 2 Letjen TNI yang Bersiap Pensiun

1. Letjen TNI Budi Prijono

Pertama ada sosok Letjen TNI Budi Prijono. Ia menjabat Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Defender (Kemhan) Sebelumnya dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD Di rangka pensiun.

Pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur Di 16 Juni 1966 ini menduduki jabatan tersebut Dari 27 Juni 2022. Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana.

Budi Prijono merupakan teman seangkatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman. Keduanya sama-sama lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988. Bedanya, Letjen TNI Budi Prijono Bersama kesatuan Korps Perhubungan (CHB).

Lulus Bersama Akmil, karier Budi Prijono Di militer cukup cemerlang. Beberapa jabatan penting pernah diembannya Di lain, Kahubdam IV/Diponegoro Di 2009. “Lalu Asrendam XVI/Pattimura, Paban I/Ren Slogad, dan Dirhubad Pada dua tahun periode 2015-2017,” bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews, Jumat (19/7/2023).

Bukan Hanya Itu, Budi Prijono juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Dansatkomlek TNI, Lalu Kabaranahan Kemhan, Dirjen Renhan Kemhan, hingga akhirnya diangkat menjadi Irjen Kemhan.

Di bidang akademisi, Budi Prijono juga merupakan sosok prajurit TNI yang banyak mengenyam Belajar seperti Sekolah Dasar Kecabangan (Sesarcab) Hub, Dik PARA, Diklapa I dan II serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Di 2003. Termasuk United Nation Military Observer Course Di 2005, Sus Pengadaan LN (FMS) Inisiatif USA Di 2006, Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI serta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannnas) Di 2014.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: 2 Sosok Letjen TNI AD yang Bersiap Pensiun, Nomor 1 Teman Seangkatan Mantan KSAD Dudung Abdurachman