Intip Bangku Roda Pintar Karya Anak Bangsa, Bergerak Didalam Alat Pengindera Suara 

Penyandang Penyandang Disabilitas yang Merasakan kesulitan menggerakkan tangan bakal terbantu Didalam kehadiran Bangku Roda Pintar. (Foto: Dok Unej)

JAKARTA – Penyandang Penyandang Disabilitas yang Merasakan kesulitan menggerakkan tangan bakal terbantu Didalam kehadiran Bangku Roda Pintar. Mobilitasnya didukung Didalam kontrol suara.

Bangku Roda Pintar hasil Pembuatan Center for Development of Advanced Science and Technology (CDAST) yang mewadahi karya inovatif mahasiswa Metode Elektro dan Metode Mesin Universitas Jember.

Melansir siaran pers Unej, Senin (20/5/2024) Bangku roda menggunakan kontrol suara ini terkoneksi Didalam roda, Agar Pemakai dapat mengarahkan Bangku roda Didalam mudah tanpa perlu menggunakan tangan. Tersedia dua Gaya kontrol suara, yakni Gaya Google yang memanfaatkan Duniamaya dan kecerdasan buatan atau Ai (AI) lokal yang dirancang khusus Sebagai penyandang cerebral palsy atau Pemakai Didalam kemampuan berbicara terbatas. Bangku roda pintar ini juga dilengkapi fitur emergency button dan ultrasonic Alat Pengindera Sebagai pendeteksi halangan.

“Di ini banyak Bangku roda putar yang menggunakan tangan. Nah, itu menyulitkan teman-teman yang tidak bisa menggerakan tangannya Karena Itu kita nge-provide menggunakan suara Sebagai teman-teman kita yang gak bisa menggerakan Dibagian roda,” kata Ketua Regu Muchamad Arif Hana Sasono.

Mahasiswa S2 Langkah Studi Metode Elektro, Fakultas Metode ini menjelaskan Kelebihan lain produknya. Selain memfasilitasi kaum Penyandang Disabilitas keterbatasan gerakan fisik juga dilengkapi Didalam mendeteksi suara Penyandang Disabilitas yang Merasakan keterbatasan berbicara.

Bangku roda ini memang dirancang Sebagai mereka (Penyandang Disabilitas) yang juga Merasakan keterbatasan Di berbicara, kami menginput suara mereka Setelahnya Itu disinkronisasikan Di AI Sebagai diterjemahkan menjalankan alat tersebut,” kata Arif.

Ia berharap karya timnya menjadi terobosan yang membawa dampak signifikan Untuk banyak pihak, khususnya kalangan mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember Prof. Slamin Untuk pidato penutupan Pameran Pembelajaran Di Gedung Soetardjo UNEJ mengapresiasi karya inovatif civitas akademika.

“Langkah ini, selain bertujuan mendukung pemerintah, produk-produk atau Perkembangan yang dipamerkan adalah hasil nyata sesuai bidang keilmuan yang mereka ampu, serta mereka (mahasiswa) juga Untuk Langkah ini harus terjun Di Kelompok agar dapat menemukan langsung persoalan yang ada Di Kelompok,” katanya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Intip Bangku Roda Pintar Karya Anak Bangsa, Bergerak Didalam Alat Pengindera Suara