6 Gizi Penting Untuk Jaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Jakarta

Seseorang yang mengidap diabetes harus memerhatikan jenis Konsumsi yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, pola makan Memperoleh pengaruh yang sangat signifikan Di Keadaan, termasuk Untuk hal mengatur kadar gula darah.

Misalnya, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat memicu lonjakan gula darah dan memperparah diabetes. Di sisi lain, memperbanyak asupan serat dapat membantu mengontrol gula darah dan pengelolaan berat badan yang sering menjadi tantangan umum Untuk pengidap diabetes.

Karenanya, pengidap diabetes perlu Merasakan Gizi Untuk jumlah yang tepat. Hal ini tidak hanya penting Untuk mengatur kadar gula darah, tetapi juga membantu Meningkatkan Keadaan secara keseluruhan.


Lantas, apa saja Gizi penting yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah tersebut? Dikutip Untuk Healthshots, berikut ulasannya.

1. Serat

Seperti yang disebutkan Sebelumnya Itu, Pola Makan tinggi serat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Menurut Eksperimen yang diterbitkan Di Public Library of Science Medicine, serat larut seperti yang ada Di buah-buahan dapat membantu menjaga kadar gula darah Didalam cara memperlambat laju gula memasuki aliran darah.

Sambil, serat tidak larut seperti yang berasal Untuk kacang-kacangan atau biji-bijian dapat melancarkan pencernaan dan Meningkatkan rasa kenyang, Supaya membantu pengelolaan berat badan.

2. Magnesium

Magnesium memainkan peran penting Untuk sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. Eksperimen yang diterbitkan Dari World Journal of Diabetes menyebutkan pengidap diabetes seringkali Memperoleh kadar magnesium yang rendah. Kekurangan magnesium dapat memengaruhi kontrol glikemik.

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian yang mengandung magnesium dapat membantu menjaga kontrol gula darah lebih baik.

3. Vitamin D

Vitamin D tidak hanya penting Untuk Keadaan tulang, tapi juga metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Sejumlah Eksperimen mengaitkan kadar vitamin D yang rendah Didalam peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Maka Untuk itu, jaga asupan vitamin D Lewat paparan sinar matahari, dan perbanyak konsumsi Konsumsi seperti daging ikan dan telur.

4. Kromium

Kromium adalah mineral yang dapat Meningkatkan kerja insulin. Karenanya, Gizi ini sangat dibutuhkan Untuk menjaga metabolisme glukosa tetap normal. Kromium dapat diperoleh Untuk Konsumsi tertentu, seperti kacang hijau, brokoli, barley, oat, dan kacang almond.

5. Zinc

Zinc atau seng juga menjadi salah satu Gizi penting Untuk mengontrol kadar gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan Dari Cochrane Ddatabase of Systematic Reviews mengungkapkan zinc berperan Untuk produksi dan sekresi insulin, hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Adapun Konsumsi yang kaya Akansegera zinc Ditengah lain daging, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan legum.

6. Kalium

Kalium atau potasium berperan penting Untuk menjaga Kesejajaran cairan Untuk tubuh. Tak hanya itu, mineral ini juga berfungsi mengatur kontraksi otot, sinyal saraf, serta mengendalikan tekanan darah. Karenanya, kalium sangat penting Untuk pengidap diabetes yang berisiko terkena hipertensi.

Penuhi kebutuhan kalium Didalam mengonsumsi Konsumsi-Konsumsi, seperti pisang, jeruk, kentang, tomat, dan bayam.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Gizi Penting Untuk Jaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil