Ternyata Gigi Berlubang Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Sebabnya


Jakarta

Gigi berlubang dapat menyebabkan berbagai masalah Untuk keseharian, seperti sulit mengunyah Konsumsi hingga memunculkan rasa nyeri yang terus menerus. Tak banyak yang tahu, rupanya Kebugaran ini juga dapat Meningkatkan risiko Penyakit jantung, kok bisa?

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Basuni Radi, SpJP, menjelaskan Kebugaran tersebut Bisa Jadi saja terjadi akibat Infeksi yang terjadi Bersama gigi berlubang.

“Nah, itu Sebab Infeksi Hingga jantungnya, itu kan gigi berlubang tadi kan ada nanah atau Infeksi Hingga situ, lalu dia masuk Hingga situ aliran darah Infeksi kumannya, itu bisa nyebar kemana-mana Malahan bisa Hingga katup jantung Hingga Untuk,” kata dr Basuni ketika ditemui awak media Hingga Jakarta Barat, Selasa (25/6/2024).


Ketika masuk Hingga Untuk aliran darah, kuman-kuman tersebut bisa ‘bersarang’ Hingga jantung dan menyebabkan kerusakan jantung. Kerusakan tersebut dapat terjadi Di katup dan otot jantung. Gangguan sistemik seperti demam juga bisa muncul ketika Kebugaran tersebut terjadi.

Tidak hanya Di gigi berlubang, Kebugaran tersebut juga bisa berawal Bersama Infeksi kuman-kuman Di luka terbuka Di kulit.

“Kalau Infeksi Hingga Untuk otot jantung atau katup jantung itu namanya infective endocarditis. Itu sebenarnya juga nggak Bersama gigi saja, bisa Bersama luka juga manapun bisa, asal yang penting adanya kuman yang masuk Hingga Untuk aliran darah,” jelas dr Basuni.

“Nempel lah mereka nanti Hingga tempat tertentu, nggak cuma Hingga lukanya, tapi juga Hingga otot jantung, Dibagian Untuk jantung, lengket Hingga situ,” sambungnya.

Maka Itu, dr Basuni meminta Kelompok Bagi terus menjaga kebersihan gigi. Hal ini Bagi mencegah gigi berlubang dan menjaga kebersihan mulut ketika gigi sudah terlanjur berlubang. Apabila Merasakan gigi berlubang, dr Basuni juga mengimbau Kelompok Bagi segera menanganinya Hingga Ahli Kebersihan Gigi.

Kebersihan mulut yang tidak terjaga Bersama baik dapat Meningkatkan risiko berbagai masalah Kesejajaran, salah satunya adalah masalah jantung walaupun memang tidak secara langsung.

“Giginya harus dibersihkan secara rutin, Sebab misalnya ada pembuluh darahnya terbuka Hingga situ ya itu bisa masuk Hingga Untuk pembuluh darah masuk Hingga Untuk tubuh kita tergantung dia nyangkutnya Hingga mana,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ternyata Gigi Berlubang Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Sebabnya